Comscore Tracker

Tips Menjaga Traksi Biar Ban Motor Selalu Menempel di Aspal

Sebab kehilangan traksi bisa membuat motor tergelincir

Jakarta, IDN Times – Naik skuter matic memang menyenangkan. Sebab kita hanya perlu memainkan tuas gas dan rem tanpa perlu repot menggonta-ganti gigi. Tapi ada beberapa risiko yang mungkin harus kamu hadapi saat berskutik ria, salah satunya tergelincir.

Skutik bisa tergelincir karena beberapa faktor, seperti permukaan jalan yang licin sehingga ban kehilangan traksi. Kalau ini terjadi maka laju motor akan sulit dikendalikan sehingga kecelakaan menjadi tak terhindarkan.

Nah, berikut beberapa tips menjaga traksi agar skutikmu tidak tergelincir.

1. Cek kondisi dan dan pastikan tekanan anginnya cukup

Tips Menjaga Traksi Biar Ban Motor Selalu Menempel di AspalIlustrasi Ganti Ban Motor Bocor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Ban yang sudah tidak layak pakai kerap menjadi sumber penyebab ban kehilangan traksi. Sebab karet ban yang sudah aus tidak akan memiliki daya cengkram ke aspal. Sehingga skutik menjadi mudah tergelincir, apalagi di jalan yang basah dan licin.

Karena itu pastikan ban motormu masih layak pakai. Selain itu pastikan juga tekanan anginnya pas. Tekanan angin yang terlalu keras akan membuat ban lebih membal
sehingga traksinya rendah. Sementara jika tekanan angin kurang, cengkraman ban ke jalan memang lebih kuat namun kondisi ini membuat tarikan motor menjadi berat dan berimbas pada performa dan konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: Sering Gak Disadari, 4 Hal Ini Bikin Ban Motor Cepat Gundul

2. Pilih rute berkendara yang paling aman

Tips Menjaga Traksi Biar Ban Motor Selalu Menempel di AspalIDN Times/Dwi Agustiar

Tips lain menjaga traksi dengan memilih rute perjalanan. Sebisa mungkin hindari rute berpasir, berbatu, berlumpur, dan genangan air. Sebab kondisi jalan seperti itu sangat berpotensi membuat motor kehilangan traksi. 

3. Berkendara secara konstan

Tips Menjaga Traksi Biar Ban Motor Selalu Menempel di AspalPT YIMM

Tahu gak sih kalau berkendara secara agresif itu cenderung membuat ban kehilangan traksi? Sebab memuntir tuas gas secara mendadak akan membuat ban belakang langsung berputar. Jika jalannya licin, potensi motor tergelincir akan sangat besar. Karena itu biasakan berkendara secara halus dan konstan karena itu jauh lebih nikmat dan aman.

4. Gunakan fitur ABS dan TCS

Tips Menjaga Traksi Biar Ban Motor Selalu Menempel di AspalPT YIMM

Beberapa skutik kekinian, seperti All New NMAX 155 Connected ABS, telah dilengkapi fitur
Dual Channel ABS dan Traction Control System (TCS). Kedua fitur ini bisa menjaga traksi roda ban ke aspal.

Fitur Dual Channel ABS  mampu mencegah roda ban depan dan belakang terkunci saat
pengendara melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking. Dengan demikian, motor pun akan lebih mudah untuk dikendalikan.

Sementara fitur TCS berperan menjaga ban tidak kehilangan traksi saat berakselerasi di permukaan jalan yang licin atau pun berpasir. Pada All New NMAX 155 Connected ABS, TCS dapat disetel aktif dan non-aktif melalui tombol switch bar dengan menu pilihan yang tertera di speedometer.

Baca Juga: 5 Tips Aman Menyalip, Gak Selalu Harus Gaspol! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya