Comscore Tracker

5 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor, Jangan Sampai Ketinggalan

Demi keamananmu juga nih!

Mengecek motor sebelum dipakai berkendara adalah hal yang wajib dilakukan demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Kendati demikian, terkadang ada pula masalah pada sepeda motor yang tidak bisa kita hindari.

Untuk itu, agar kita tidak terlalu kerepotan saat tiba-tiba motor mengalami masalah, dan agar kita bisa segera melanjutkan perjalanan, ada beberapa barang yang wajib selalu ada di dalam bagasi motor. Apa sajakah barang tersebut? Berikut beberapa di antaranya.

1. Jas hujan dan shoe cover

5 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor, Jangan Sampai Ketinggalaninstagram.com/catandjacketbytarget

Karena tinggal di negara yang cuacanya tidak tentu, maka jas hujan dan shoe cover jadi barang pertama yang wajib selalu ada di dalam bagasi motormu. Sebab, bukan hal yang aneh jika saat pergi berangkat cuaca sedang panas-panasnya, tapi beberapa menit kemudian ternyata mendung dan segera turun hujan.

Untuk itu, agar kamu tetap bisa melanjutkan perjalanan walaupun sedang turun hujan, pastikan di dalam bagasimu selalu ada jas hujan, juga shoe cover agar alas alas kaki tetap kering dan nyaman dipakai saat hari hujan.

2. Busi cadangan

5 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor, Jangan Sampai Ketinggalanstartrescue.co.uk

Motor yang tiba-tiba mogok di tengah jalan tentunya akan merepotkanmu sebagai pengendara, terlebih jika kamu sedang bepergian dalam jarak jauh dan tidak menemukan bengkel motor di sekitarmu. Untuk itu, pastikan selalu ada busi cadangan di dalam bagasi motormu, terlebih bagi motor yang sudah berumur dan sering bermasalah.

Busi ini akan menjadi penolong saat motor tiba-tiba mogok, segera ganti busi motor dengan busi cadangan supaya motor bisa segera dipakai berkendara lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

3. Kunci-kunci

5 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor, Jangan Sampai Ketinggalanunsplash.com/Maxim selyuk

Selain busi cadangan, kamu juga butuh kunci busi untuk mempermudah kamu mengotak-atik busi jika suatu saat motor tiba-tiba ngadat. Untuk itu, pastikan kamu selalu membawa kunci busi di dalam bagasi. Tapi selain itu, untuk antisipasi jika motor mengalami masalah di tengah jalan, sebaiknya kamu juga membawa kunci pas dan kunci L.

Untuk kunci pas, nomor yang sebaiknya ada di dalam bagasi adalah nomor 10, 12, 14, dan 16. Sedangkan kunci L, walaupun lebih jarang digunakan, tapi tidak ada salahnya jika kamu juga memasukkannya ke dalam bagasi motor bersama kunci-kunci lainnya.

4. Lap kanebo

5 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor, Jangan Sampai KetinggalanInstagram.com/korea_microfiber

Kamu juga perlu membawa kanebo setiap saat di dalam bagasi motor. Saat motor basah kuyup karena diguyur hujan, kanebo akan mampu mengeringkan body motor seketika, sebab lap kanebo mampu menyerap air dalam waktu yang cepat dan dalam volume yang cukup besar.

Selain mengeringkan body motor dari air, lap kanebo juga berfungsi untuk membersihkan komponen-komponen motor dari kotoran tanpa merusaknya.

5. Lampu senter

5 Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor, Jangan Sampai Ketinggalanunsplash.com/Marinka Grynykha

Mengalami masalah pada motor di siang hari saja sudah cukup membuat kita kerepotan, lantas bagaimana jika masalah tersebut kita alami pada malam hari? Pastinya lebih merepotkan bukan? Untuk itu, kita wajib membawa lampu senter di bagasi motor.

Lampu senter ini dapat membantu menerangi kamu saat diharuskan mengotak-atik komponen motor ketika motor tiba-tiba ngadat di malam hari. Juga membantu menerangi jalan jika tiba-tiba lampu motor mati di tempat yang minim cahaya.

Sekarang cek kembali bagasi motormu, apakah barang-barang di atas sudah ada di dalam bagasi motormu. Kalau belum, yuk segera cari dan masukkan ke dalam bagasi motormu.

Baca Juga: Motor-Motor Bekas Ini Bisa Kamu Beli dengan Harga di Bawah Rp5 Juta

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya