Comscore Tracker

5 Tips Menghindari Pecah Ban pada Motor, Berkendara Jadi Aman & Nyaman

Yuk pastikan kamu melakukan tips ini sebelum berkendara

Pecahnya ban motor adalah salah satu momok menakutkan dan patut diwaspadai oleh semua pengendara motor. Bukan tanpa alasan, selain akan merepotkan si empunya kendaraan, pecahnya ban motor juga berisiko menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Nah, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk mencegah terjadinya pecah ban saat berkendara. Yuk, simak penjelasannya baik-baik.

1. Sebelum bepergian, pastikan tekanan angin ban motor sudah pas

5 Tips Menghindari Pecah Ban pada Motor, Berkendara Jadi Aman & Nyamanunsplash.com/Emre Gencer

Langkah pertama untuk mencegah ban motor pecah adalah sebelum bepergian, pastikan bahwa tekanan ban motor sudah tepat, tidak kurang ataupun lebih. Ini penting agar ban tetap kuat ketika harus melewati jalanan yang tidak mulus, seperti jalanan yang berlubang atau bergeronjal. Jika tekanan angin ban tepat dan kondisi ban kuat, tentunya hal ini akan mengurangi risiko ban pecah saat melewati jalan yang kondisinya tidak bagus.

Tapi pastikan, kamu selalu mengecek tekanan angin dalam ban baik ketika hendak melewati jalanan yang tidak bagus ataupun yang mulus.

2. Pastikan fisik ban masih bagus

5 Tips Menghindari Pecah Ban pada Motor, Berkendara Jadi Aman & Nyamanunsplash.com/Norbu Gyachung

Selain tekanan ban, hal lain yang juga tidak kalah penting adalah kondisi fisik ban itu sendiri. Pastikan ban motor dalam keadaan yang baik, yaitu tidak tipis ataupun memiliki terlalu banyak tambalan. Sebab, kondisi fisik ban yang tidak baik, seperti terlalu tipis dan banyak tambalan tentunya akan meningkatkan risiko ban pecah di tengah jalan. Terlebih, ban yang sudah tidak layak dipakai tentunya akan membuat kamu merasa tidak nyaman saat berkendara.

3. Hindari jalanan berlubang atau berbatu

5 Tips Menghindari Pecah Ban pada Motor, Berkendara Jadi Aman & Nyamanunsplash.com/Yoel J Gonzalez

Jika memungkinkan, sebisa mungkin hindari akses jalan yang penuh dengan lubang atau bebatuan. Sebab, bebatuan dan lubang dapat menekan ban motor yang berpotensi merusak dan menyebabkan ban motor menjadi pecah, terlebih jika kondisi ban memang sudah tidak bagus. Jadi sebaiknya, pilih jalan yang licin dan tidak berbatu.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini 5 Langkah Mengatasi Ban Motor Bocor di Jalan

4. Jangan mengangkut beban di luar kapasitas yang direkomendasikan pabrikan

5 Tips Menghindari Pecah Ban pada Motor, Berkendara Jadi Aman & Nyamanunsplash.com/Chuttersnap

Ban juga memiliki batasan kapasitas dalam hal beban yang bisa diangkut. Besar kapasitas ini sendiri berbeda-beda. Mengangkut beban di luar kapasitas yang dimiliki ban tentunya dapat memengaruhi kecepatan rotasi dan tekanan angin pada ban yang juga meningkatkan risiko kerusakan dan pecah ban. Untuk itu, pastikan kamu tidak mengangkut beban yang memiliki berat melebihi kapasitas ban.

5. Bersihkan ban dari partikel-partikel asing

5 Tips Menghindari Pecah Ban pada Motor, Berkendara Jadi Aman & Nyamanunsplash.com/Richard Ciraulo

Jangan lupa juga memeriksa kebersihan ban motor sebelum berkendara. Pastikan tidak ada benda asing yang menempel dan terselip di sela-sela ban, misalnya kerikil. Sebab, bukan tidak mungkin partikel-partikel yang dibiarkan menempel di ban ini akan merusak dan membuat ban menjadi bocor serta meningkatkan risiko pecah ban. Ditambah, adanya partikel asing yang menempel di permukaan ban akan membuat kemampuan cengkraman ban dengan permukaan jalanan menjadi menurun.

Demikian tadi beberapa tips menghindari pecah ban motor di jalan. Mulai sekarang, sebelum berkendara, jangan lupa untuk melakukan kelima hal di atas agar kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: 6 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa, Sudah Tahu?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya