Comscore Tracker

Ducati Garap Motor Listrik Buat MotoE, Top Speed Tembus 275 km/jam!

Motor listrik Ducati ini bakal diproduksi massal

Jakarta, IDN Times - Ducati resmi menjadi pabrikan yang menyediakan motor listrik untuk ajang balap FIM MotoE, menggantikan Energica. Motor yang disediakan pabrikan asal Italia tersebut adalah Ducati V21L. Motor ini pertama kali dipamerkan pada bulan Oktober 2021.

Ducati memastikan akan memproduksi setidaknya 18 unit V21L untuk FIM MotoE musim depan. Bukan cuma bagi pembalap, tapi tentu saja ini kabar bagi bagi konsumen Ducati. Karena prototipe motor ini, juga bisa menjadi awal pembentukan motor listrik pertama Ducati versi massal.

1. Spesifikasi Ducati V21L

Ducati Garap Motor Listrik Buat MotoE, Top Speed Tembus 275 km/jam!Top speed Ducati V21L tembus 275 km/jam (Dok. Electrek.co)

Di atas kertas, Ducati V21L memiliki tenaga maksimum setara 147 dk, dengan torsi maksisum 140 Nm. Saat sesi pengetesan di sirkuit Mugello, Italia, V21L bisa mencapai kecepatan maksimum 275 km/jam.

Meskipun menggendong baterai 18 kWh yang cukup besar, Ducati mampu menurunkan bobot prototipe V21L menjadi hanya 225 kilogram saja. Artinya jauh lebih ringan kalau dibandingkan Energica Ego yang bobotnya mencapai 282 kilogram, tapi kurang 12 kilogram dari persyaratan minimum yang diberlakukan Dorna.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Ducati Scrambler, Buat Biker Pencinta Retro

2. CEO Ducati kagum dengan V21L

Ducati Garap Motor Listrik Buat MotoE, Top Speed Tembus 275 km/jam!Ducati V21L, motor listrik yang akan jadi pasokan utama di MotoE (Dok. Electrek.co)

Baterai dan motor listriknya berbagi sistem pendingin cairan, yang dirancang untuk membantu Ducati V21L bisa bekerja dalam performa maksimum dalam waktu yang lebih lama.

"Beberapa minggu lalu, saya mendapatkan kesempatan luar biasa untuk mengendarai Ducati MotoE di lintasan balap dan saat itu saya sadar bahwa sedang berada di dalam momen bersejarah. Hasil yang kami dapatkan luar biasa, sesaat setelah duduk di atas motor saya bisa merasakan kualitas dari pengerjaan tim yang luar biasa," kata CEO Ducati, Claudio Domenicali, dikutip dari Electrek.co.

3. Spek pengereman dan kaki-kaki

Ducati Garap Motor Listrik Buat MotoE, Top Speed Tembus 275 km/jam!Spek kaki-kaki dan pengereman Ducati V21L (Dok. Paultan.org)

Sebagai motor balap, sudah tentu bukan performa saja yang diutamakan tetapi, pengereman dan kaki-kaki juga harus mumpuni. Pengereman motor ini memakai keluaran dari Brembo, dengan cakram depan ganda berukuran 338,5 mm di depan dan cakram tunggal berukuran 220 mm di belakang.

Urusan kaki-kaki sudah pasti pakai Ohlins di depan dan belakang, depannya pakai upside down Ohlins NPX 25/30 berdiameter 43 mm. Sedangkan yang belakang pakai monoshock adjustable Ohlins TTX36.

Baca Juga: 5 Motor Baru di Bawah Rp15 Juta, Ada Matic hingga Motor Listrik

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya