Comscore Tracker

Honda ADV 160 Dilengkapi Fitur Moge, Begini Cara Kerjanya

Fitur ini biasa ditemui di motor-motor 1.000 cc Honda

Jakarta, IDN Times - Selain desain dan mesin yang baru, PT Astra Honda Motor juga membekali Honda ADV 160 dengan fitur baru yakni HSTC (Honda Selectable Torque Control).

"Performa dan fitur-fitur unggulan pada skutik ini mendukung pengendara yang memiliki daya jelajah jarak jauh dan memberikan kekuatan melaju untuk mengeksplorasi berbagai kondisi jalan," kata Keiichi Yasuda, President Director PT AHM saat peluncuran ADV 160 (1/4/2022).

1. Fitur HSTC biasanya ada di moge Honda

Honda ADV 160 Dilengkapi Fitur Moge, Begini Cara KerjanyaHonda ADV 160 punya spek kaki-kaki yang sama dengan ADV 150 (Dok. AHM)

Fitur HSTC ini awalnya banyak ditemukan di moge (motor gede) Honda, seperti Honda Gold Wing, CRF 1000L Africa Twin, X-ADV 750 dan CBR1000RR. Tetapi belakangan ini fitur canggih ini juga disematkan di beberapa skutik Honda, seperti Honda Forza dan PCX 160.

HSTC ini biasanya dikenal juga di motor lain dengan sebutan Traction Control System (TCS). Fungsi utamanya untuk mengurangi potensi terjadinya ban selip, sehingga pengendara motor bisa lebih aman.

Baca Juga: Perbandingan Honda ADV 160 dengan ADV 150, Banyak Bedanya!

2. Cara kerja HSTC

Honda ADV 160 Dilengkapi Fitur Moge, Begini Cara KerjanyaCara kerja HSTC di motor Honda (Dok. Astra-honda.com)

Untuk cara kerjanya, HSTC akan bekerja ketika sensor pada tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan antara putaran roda depan dan belakang. Kemudian sensor akan memberi info tersebut ke ECU, lalu ECU akan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) untuk memutus sementara pengapian mesin.

Setelah itu secara otomatis mesin motor akan berhenti bekerja dalam sepersekian detik, sehingga penyaluran torsi ke roda belakang terputus dengan tujuan mengurangi gejala selip yang sedang terjadi.

3. HSTC bisa dinonaktifkan

Honda ADV 160 Dilengkapi Fitur Moge, Begini Cara KerjanyaTerlihat logo HSTC di panel instrumen ADV 160 (Instagram.com/@welovehonda_id)

Teknologi ini sifatnya opsional, sehingga kamu bisa memilih ingin mengaktifkannnya atau tidak. Pada Honda ADV 160 sendiri, fitur ini terlihat aktif atau tidaknya dari indikator pada panel instrumen digital. Letak indikatornya persisnya berada di pojok kanan bawah panel instrumen.

Selain HSTC, Honda ADV 160 dilengkapi dengan beberapa fitur canggih lainnya. Seperti panel instrumen digital, sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), dan juga ESS (Emergency Stop Signal). Motor ganteng ini dibanderol dengan harga mulai Rp36 juta sampai Rp39 jutaan.

Baca Juga: Perbandingan Honda ADV 160 dengan ADV 150, Banyak Bedanya!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya