Comscore Tracker

Honda CBR1000RR-R Edisi Khusus Dijual Rp1 Miliar, Speknya Bengis!

Fiturnya juga lengkap banget

Jakarta, IDN Times - PT Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini meluncurkan moge (motor gede) terbarunya yaitu CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary. Sesuai namanya, motor ini memang merupakan edisi khusus untuk merayakan 30 tahun kehadiran Fireblade.

Pada edisi khusus ini terlihat pemilihan warna kombinasi merah, putih, dan biru (Tricolor) untuk bagian body. Ditambah juga dengan detail penanda edisi spesial 30 tahun di beberapa bagian motor. Seperti pada layar panel instrumen saat motor dinyalakan, bagian setang, smartkey, tutup tangki bensin, dan juga pada silencer Akrapovic-nya. Direktur Marketing AHM, Thomas Wijaya mengatakan, pengguna motor ini akan didukung oleh jaringan moge Honda, Big Wing.

"Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda," kata Thomas dalam siaran resminya. Moge edisi khusus ini dijual AHM dengan harga Rp1.058 miliar on the road DKI Jakarta, kira-kira gimana sih spek dan fiturnya?

1. Desain CBR1000RR-R

Honda CBR1000RR-R Edisi Khusus Dijual Rp1 Miliar, Speknya Bengis!Honda CBR1000RR-R sudah berusia 30 tahun (Visordown.com)

Dilihat dari sisi mana pun, tampilan Honda CBR1000RR-R ini racy banget. Hampir semua bagian motor ini dibuat untuk mendapatkan downforce maksimal ketika berakselerasi, mengerem, dan juga bermanuver. Desain fascia CBR1000RR-R ini agresif dan frontal, selain itu lampu depan full LED memberikan kesan mewah di motor ini.

Ada beberapa bagian motor ini yang didesain khusus sirkuit dan memang terinspirasi dari motor balap Honda di MotoGP, yaitu RC213V. Seperti penggunaan winglet untuk menambah downforce biar motor tetap stabil ketika dipacu, ada juga Air-ram Duct atau lubang udara di bagian depan fairing. Air-ram Duct ini berfungsi untuk mengalirkan udara langsung menuju airbox, yang setelah itu dilanjutkan ke dalam ruang bakar.

Motor yang memakai rangka aluminium ini memiliki wheelbase yang diperpanjang menjadi 1.460 mm (sebelumnya 1.455 mm), hal ini dilakukan karena gir belakang naik 3 mata (dari 40 menjadi 43) untuk menambah akselerasi pada putaran menengah. Wheelbase yang lebih panjang ini juga membantu membuat motor jadi lebih stabil saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: Honda Vario 160 Berlivery Honda Repsol, Cuma Ada 4 Unit!

2. Fitur-fitur CBR1000RR-R

Honda CBR1000RR-R Edisi Khusus Dijual Rp1 Miliar, Speknya Bengis!Spesifikasi Honda CBR1000RR-R (ashpaltandrubber.com)

Segudang fitur disematkan Honda untuk motor ber-DNA balapnya ini. Mulai dari lampu depan full LED, panel instrumen full digital dengan layar TFT, dan juga smartkey system.

Fitur-fitur canggih juga diberikan untuk mendukung performa CBR1000RR-R, seperti Throttle by Wire, sensor Advance Inertia Measurment Unit (IMU) 6-Axis, Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga pengaturan (hard, medium, soft), Riding Mode, Wheelie Control, Rear Lift Control, Start Mode, Assist & Slipper Clutch, dan Quick Shifter.

3. Kaki-kaki dan sistem pengereman CBR1000RR-R

Honda CBR1000RR-R Edisi Khusus Dijual Rp1 Miliar, Speknya Bengis!Kaki-kaki mewah CBR1000RR-R (PT AHM)

Spek kaki-kaki CBR1000RR-R ini juga bisa dibilang gak main-main. Suspensi depan memakai upside-down Ohlins Smart-EC dan Pro-Link with Gas-Charged Ohlins Smart-EC dengan lengan ayun aluminium di belakangnya. Kedua suspensinya ini bisa diatur sesukai hati lewat mode berkendara di panel instrumen. Kedua suspensi tersebut ditemani ban depan dan belakangnya berukuran 120/70-17 dan 200/55-17.

Buat sistem pengeremannya, motor ini dilengkapi dengan sistem ABS dengan dua mode yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Rem depannya memakai Dual Front Disc Brake berukuran 330 mm dengan kaliper Brembo Radial 4 piston, sementara rem belakang menggunakan disc brake 220 mm dengan kaliper Brembo 2 piston.

4. Spesifikasi mesin CBR1000RR-R

Honda CBR1000RR-R Edisi Khusus Dijual Rp1 Miliar, Speknya Bengis!Honda CBR1000RR-R punya DNA balap seperti motor MotoGP Honda RC213V (asphaltandrubber.com)

AHM mengatakan kalau CBR1000RR-R Fireblade SP ini menggunakan mesin 4 silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Mesin yang digendong berkubikasi 999,9 cc DOHC 4-silinder segaris yang mampu memuntahkan tenaga maksimal sampai 215 dk pada 14.500 rpm dengan torsi maksimal 112 Nm pada 12.500 rpm.

Piston CBR1000RR-R ini terbuat dari bahan forged aluminium, yang membuat bobotnya lebih ringan 5 persen dari model sebelumnya sekaligus menambah kekuatan dan daya tahannya. Selain itu camshaft-nya diberikan lapisan bernama Diamond Like Carbon (DLC) yang bisa mengurangi friksi sampai 35 persen dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC, lalu connecting rods (konrod) yang terbuat dari titanium sehingga bagian ini bobotnya bisa berkurang 50 persen.

Teknologi lain yang terpasang di superbike ini adalah Built-in Bottom Bypass, yaitu sistem sirkulasi air pendingin yang dialirkan langsung dari radiator menuju komponen utama water jacket. Terakhir, ada New Multi-point Piston Jet, teknologi yang mampu menyemprotkan pelumas pendingin pada piston dari berbagai arah. Dengan begitu temperatur piston bisa terjaga sekaligus mengurangi gesekan berlebih.

Setelah mengetahui berbagai macam detail dan spesifikasi dari Honda CBR1000RR-R 30th Anniversary ini, gimana menurut kamu?

Baca Juga: New Honda Genio Dirilis, Ini Daftar Fitur Barunya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya