Comscore Tracker

Kawasaki Pamerkan Motor Listrik di Intermot 2022

Kabarnya tahun depan akan dirilis resmi 

Jakarta, IDN Times - Kawasaki sempat mengagetkan banyak orang saat memunculkan dua prototipe motor listrik dan hybrid garapannya di ajang balap ketahanan Suzuka 8 Hours di Jepang pada 6 Agustus 2022. Bahkan kedua motor tersebut sempat dipakai riding keliling sirkuit beberapa kali.

Nah, kali ini di ajang Intermot 2022 yang digelar di Jerman, Kawasaki menghadirkan motor listrik prototipenya itu untuk bisa dilihat lebih jelas oleh para pengunjung.

1. Sama persis dengan yang dibawa ke Suzuka 8 Hours

Kawasaki Pamerkan Motor Listrik di Intermot 2022Motor full listriknya berbasis desain dari Z250/Z400 (Autoby.jp)

Mengutip Rushlane, motor listrik prototipe yang dipamerkan di Intermot 2022 sama persis dengan yang dipakai di ajang Suzuka 8 Hours. Secara desain dan gayanya, motor listrik Kawasaki itu memang meminjam desain dari line-up keluarga Z series.

Bagian yang terlihat sangat berbeda, tentu saja pada area mesinnya yang kini terlihat lebih kosong dan digantikan dengan sebuah kotak sebagai tempat baterai. Motor listrik Kawasaki ini, kemungkinan akan diluncurkan di beberapa pasar seperti Amerika Serikat dan Eropa pada tahun depan.

Baca Juga: Pemerintah Targetkan 2 Juta Motor Listrik di 2025

2. Kawasaki masih bungkam soal spek

Kawasaki Pamerkan Motor Listrik di Intermot 2022Enggak ada tuas transmisi manual di motor prototipe Kawasaki (Autoby.jp)

Sayangnya, walaupun motor ini sudah dipajang tetapi Kawasaki masih bungkam soal spesifikasi dari motor listrik pertamanya ini. Yang diketahui, motor ini memiliki power entry level dengan tenaga 15 PS atau sekitar 14,7 dk.

Belum diketahui juga, apakah motor listrik ini punya baterai dengan posisi fixed atau bisa dilepas-pasang. Posisi baterainya menggantikan mesin konvensional, dan seharusnya bisa diakses lewat tutup tangki di bagian atas.

3. Motor hybridnya mirip Ninja 250

Kawasaki Pamerkan Motor Listrik di Intermot 2022Motor hybrid Kawasaki berbasis Ninja 250 (Autoby.jp)

Sementara itu, untuk motor hybrid prototipe Kawasaki ini punya desain yang mirip dengan Ninja 250/Ninja 400. Secara tampilan, motor hybrid Kawasaki memang masih lebih berisi dari versi protipe listriknya.

Soalnya, teknologi hybrid berarti menggabungkan mesin konvensional dengan motor listrik, terlihat versi hybrid ini masih ada mesin konvensional dua silindernya.

Baca Juga: Kawasaki ZX-25R Versi 2023 Meluncur, Apa yang Baru?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya