Comscore Tracker

Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan, Ini 5 Kelebihannya! 

Bisa dikoneksikan ke smartphone juga, nih!

Jakarta, IDN Times - Motor listrik Alva One garapan Ilectra Motor Group (IMG) resmi dirilis pada hari pertama GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022). Skutik listrik berbody bongsor ini ditawarkan dengan harga Rp34,990 juta, pemesanannya sudah dibuka dan akan mulai dikirim ke konsumen pada November mendatang.

“Melihat potensi yang besar mengenai perkembangan kendaraan listrik di Indonesia, IMG turut mengambil peran dengan menjadikan momentum ini untuk memperkenalkan merek Alva dan produk pertama kami Alva One,” jelas Presiden Direktur PT IMG, Purbaja Pantja, kemarin di GIIAS 2022. Dengan harga setara matic-matic konvensional 150 cc - 160 cc, kamu mungkin penasaran apa saja kelebihan Alva One.

1. Fitur pengamannya canggih

Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan, Ini 5 Kelebihannya! Motor listrik Alva One diluncurkan di GIIAS 2022. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Alva One dibekali dengan sistem pengereman cakram di depan dan belakang, lengkap dengan fitur CBS (Combi Brake System). Dengan begitu ketika tuas rem belakang ditekan, makan rem depan secara otomatis akan ikut bekerja.

Enggak cuma itu, ada juga fitur Side Stand Safety, yang merupakan sistem pengaman yang aktif saat Side Stand alias standar samping ditegakkan. Saat fitur tersebut aktif, motor ini tidak akan bisa diubah dari kondisi parkir ke kondisi siap digunakan.

Oya, Alva One memiliki fitur smart key untuk mengunci dan menyalakan motor tanpa harus memasukkan anak kuncinya ke dalam rumah kunci.

Baca Juga: Motor Listrik ALVA ONE Meluncur di GIIAS 2022, Harga Rp34,99 Juta

2. Punya tiga mode berkendara

Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan, Ini 5 Kelebihannya! Motor listrik Alva One diluncurkan di GIIAS 2022. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Alva One punya tiga mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan preferensi kamu, pertama ada mode Eco, yang bikin motor listrik ini bisa dipacu hingga 43 km/jam. Kemudian selanjutnya ada mode Cruise , yang membuat motor bisa digas sampai batas kecepatan maksimal 70 km/jam.

Kalau kamu ingin motor dipakai untuk salip menyalip atau lebih ngebut, bisa memakai mode e-Sport yang membuatnya mampu meleset hingga 90 km/jam.

3. Baterainya bisa dipakai sejauh 70 km

Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan, Ini 5 Kelebihannya! Stoplamp Alva One (IDN Times/Fadhliansyah)

Alva One menggendong baterai lithium dengan kapasitas 60V 45 A (2,7 kWh), yang memiliki proteksi IP65 yang membuatnya aman saat terkena semprotan air ataupun debu. Dengan baterai berbobot 18 kilogram ini, Alva One bisa dipakai melaju sejauh 70 kilometer.

Untuk spek chargerannya, berspesifikasi 70.5 V 15 A (1,1 kW). Dengan begitu untuk mengisi baterai Alva One di rumah, perlu daya listrik minimum 1.300 kWh dan memerlukan waktu 4 jam untuk mengisi baterainya.

4. Alva One memakai sistem hub drive motor

Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan, Ini 5 Kelebihannya! Hub drive motor Alva One (IDN Times/Fadhliansyah

Salah satu yang menarik pada Alva One, ialah alih-alih memakai drive belt, Alva One menggunakan hub drive motor. Hub drive motor di motor listrik memang bisa menghasilkan performa yang lebih tinggi dibandingkan drive belt.

Posisi motor ada di roda belakang, sehingga penyaluran tenaga bisa lebih spontan. Secara spek, motor listrik ini memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 tk) dengan torsi maksimum 46 Nm.

5. Bisa dikoneksikan ke smartphone

Motor Listrik Alva One Dijual Rp34 Jutaan, Ini 5 Kelebihannya! Panel instrumen Alva One (IDN Times/Fadhliansyah)

Keunggulan terakhir, Alva One juga punya fitur canggih yang bisa menyambungkan motor listrik ke smartphone melalui aplikasi Alva.

Lewat aplikasi smartphone itu, kamu bisa melakukan akses ke remote on/off, Bike Sharing Access, GPS Locator & Tracker, Battery Monitoring, lokasi charging station, Alva Experience Center Locator, Alva Roadside Assistance, sampai Monthly Saving Estimator.

Baca Juga: Deretan Mobil Listrik Imut di GIIAS 2022, Ada Daihatsu Ayla EV!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya