Comscore Tracker

Penyebab Rem Motor Matic Mendadak Blong di Jalan Menurun

Ada komponen pengereman yang harus kamu ganti

Jakarta, IDN Times - Kasus rem motor matic yang blon memang masih cukup sering terjadi, biasanya kasus rem blong ini terjadi saat motor dipakai melaju di pegunungan yang punya banyak jalur turunan dan tanjakan.

Makanya di beberapa daerah yang rawan terjadi rem blong, sudah disediakan bantalan untuk menghentikan laju pengendara motor. Tujuannya biar pengendara motor bisa berhenti dan tidak sampai terjun ke jurang.

1. Kenapa skutik paling sering mengalami rem blong?

Penyebab Rem Motor Matic Mendadak Blong di Jalan Menurunsuzuki.co.id

Rem blong banyak menimpa pengendara motor matic karena tidak adanya engine brake seperti pada motor bertransmisi manual. Sehingga pengendara matic cuma bisa mengandalkan sistem pengereman sepenuhnya untuk memperlambat laju motor.

Engine brake sendiri adalah teknik untuk memperlambat laju kendaraan dengan cara menurunkan transmisi ke gigi yang lebih rendah, dengan begitu kinerja rem jadi enggak terlalu berat.

Baca Juga: 5 Motor Baru di Bawah Rp15 Juta, Ada Matic hingga Motor Listrik

2. Penyebab rem motor matic blong

Penyebab Rem Motor Matic Mendadak Blong di Jalan MenurunIlustrasi Safety Riding (Dok. IDN Times)

Kinerja rem yang terlalu berat itu yang membuat rem pada motor matic menjadi blong, terutama di jalan menurun seperti di pegunungan, di mana pengendara akan lebih banyak mengerem.

"Kalau rem blong ketika turunan itu biasanya kepanasan, karena kinerja rem kan jadi banyak. Karena itu minyak remnya itu mendidih dan selang rem ikut memuai, hal itu yang bikin rem motor matic jadi blong," jelas Yoga Ningrat, owner bengkel spesialis Maxi scooter Yoga Motoshop (YMS) saat dihubungi IDN Times beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Step by Step Mengganti Van Belt Motor Matic

3. Solusi mencegah rem motor matic blong

Penyebab Rem Motor Matic Mendadak Blong di Jalan MenurunIlustrasi sistem pengereman motor (IDN Times/Fadhliansyah)

Makanya, biar hal tersebut enggak terjadi lagi, Yoga memberikan saran untuk mengganti beberapa komponen pada sistem pengereman motor matic.

"Ganti minyak rem yang titik didihnya lebih tinggi, seperti misalnya DOT 4 atau DOT 5. Karena kalau standar pabrikan masih ada yang pakai minyak rem DOT 3. Selain itu selang rem juga harus diganti dengan yang sudah berbalut serat baja," jelas pria ramah yang doyan modifikasi ini.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya