Comscore Tracker

Perhatikan, Ini Penyebab Motor Kamu Terbakar

Jangan anggap sepele kalau gak mau motor hangus terbakar

Jakarta, IDN Times - Salah satu musibah yang mengintai para pengendara di perjalanan adalah motor yang mendadak terbakar. Insiden motor terbakar ini bukan baru satu atau dua kali terjadi, tetapi sudah cukup sering.

Kalau sadar mulai terbakar saat apinya masih kecil, mungkin risiko kamu dan motor terselamatkan masih besar. Tapi kalau kamu enggak sadar dan api tiba-tiba membesar, kemungkinan kamu akan terluka, dan kondisi motor bisa hangus dilalap api. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi pemicu motor terbakar.

1. Akibat bensin yang bocor

Perhatikan, Ini Penyebab Motor Kamu TerbakarPom bensin Pertamina (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Bensin atau bahan bakar yang bocor bisa terjadi karena beberapa hal, mulai dari tangki yang keropos dan bocor, ditutup kurang rapat, atau melalui selang bensin.

Memang kalau bensin yang bocor dan menetes langsung ke jalan mungkin tidak akan membuat motor sampai terbakar. Tapi, lain cerita kalau bensin yang bocor itu menetes dan terkena percikan api dari sistem pengapian.

Baca Juga: Motor Bensin Jadi Motor Listrik, Ini Komponen yang Dibutuhkan

2. Kebocoran oli mesin

Perhatikan, Ini Penyebab Motor Kamu Terbakarrideapart.com

Selain bensin yang bocor, kamu juga harus mewaspadai kebocoran oli mesin. Tetesan oli yang bocor dan menempel di mesin motor yang panas, bisa menjadi pemicu munculnya api dan menyebabkan kebakaran. Jadi, kalau kamu mulai menemukan tetesan oli mesin saat motor sedang parkir, jangan tunggu lama dan segera perbaiki sekaligus ganti olinya.

Karena, selain bisa memicu terjadinya kebakaran, oli mesin yang bocor sudah pasti membuat volume berkurang banyak, dan kalau sudah begitu bisa-bisa malah merusak komponen dalam mesin juga.

3. Modifikasi kelistrikan

Perhatikan, Ini Penyebab Motor Kamu TerbakarIlustrasi lampu motor ( ctmebike.en.made-in-china.com)

Di Indonesia memang bisa dibilang banyak banget pecinta modifikasi roda dua, salah satu bagian yang banyak diutak-atik oleh pemilik motor biasanya pada bagian kelistrikan. Mulai dari mengganti klakson, modifikasi lampu utama dengan proyektor atau HID, memasang lampu tambahan, alarm, dan masih banyak lagi.

Nah ternyata sembarangan memodifikasi kelistrikan bisa menyebabkan terjadinya korsleting dan menimbulkan percikan api, ujung-ujungnya bisa bikin motor terbakar. Jadi kalau mau modifikasi kelistrikan motor, kamu harus mencari komponen yang berkualitas serta bengkel yang bisa mengerjakannya dengan aman, ya?

4. Kondisi mesin motor yang kelewat panas

Perhatikan, Ini Penyebab Motor Kamu Terbakarkondisi sepeda motor hangus terbakar/IDN Times/Zainul Arifin

Faktor terakhir yang bisa membuat motor terbakar adalah overheat, atau kondisi di mana mesin motor menjadi terlalu panas. Hal ini biasanya terjadi setelah motor dipakai untuk perjalanan jauh seperti touring atau mudik, dan kondisi sistem pendinginan motor mengalami masalah.

Kalau sudah muncul logo overheat yang indikatornya berwarna merah di panel instrumen, sebaiknya segera melipir dan matikan mesin motor biar suhunya menurun. Kalau dipaksakan bisa jadi motor terbakar atau mogok.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya