Comscore Tracker

Suzuki Saluto vs Yamaha Fazzio, Dua Skutik Retro Modern 125 CC

Sama-sama retro, pilih yang mana?

Jakarta, IDN Times - Gak cuma skutik bergaya sport saja yang banyak penggemarnya, tetapi skutik bergaya klasik atau retro juga sedang ramai nih. Yang terbaru tentu saja adalah Yamaha Fazzio, yang diluncurkan pada awal tahun 2022.

Selain Yamaha Fazzio masih ada skutik-skutik retro lain, salah satunya adalah Suzuki Saluto 125. Tapi sayangnya Suzuki Saluto 125 sampai saat ini belum kelihatan moncongnya di Indonesia.

Baca Juga: Deretan Skutik Bergaya Retro, Apa Kabar Suzuki Saluto?

1. Suzuki Saluto sudah mengaspal di negara lain

Suzuki Saluto vs Yamaha Fazzio, Dua Skutik Retro Modern 125 CCsupermoto8.com

Suzuki Saluto sendiri bukanlah motor yang benar-benar baru. Suzuki Saluto pertama kali muncul di Taiwan, kemudian di akhir 2021 kemarin Suzuki Saluto dirilis di Thailand.

Desain Suzuki Saluto memang bisa dibilang keren banget ala skutik retro Eropa. Ternyata desainer Suzuki Saluto memang orang Eropa, yaitu Alessandro Tartarini desainer otomotif dari Tartarini Design di Italia. Makanya wajar saja kalau tampilan Saluto Eropa banget!

Baca Juga: Jadi Motor Paddock di Mandalika, Skutik Suzuki Ini Dapet Livery Khusus

2. Desain, fitur, dan spek Suzuki Saluto

Suzuki Saluto vs Yamaha Fazzio, Dua Skutik Retro Modern 125 CCsupermoto8.com

Desain Suzuki Saluto memang mirip skutik retro asal Eropa seperti Vespa atau Lambretta. Garis desainnya tidak sepenuhnya membulat masih terlihat garis-garis cukup tajam.

Walaupun bertampang klasik, tetapi Suzuki Saluto dibekali dengan banyak fitur-fitur modern lho. Seperti misalnya penggunaan lampu LED, panel instrumen kombinasi analog-digital, port USB, dan gak lupa kuncinya sudah menganut keyless.

Sekarang beralih ke bagian mesin, Suzuki Saluto menggunakan mesin 124 cc berpendingin udara satu silinder. Yang bisa mengeluarkan tenaga 9,26 PS pada 7.000 rpm dan torsi 10 Nm pada 6.000 rpm.

Baca Juga: Rahasia Mesin Hybrid Yamaha Fazzio, Bikin Harganya Terjangkau!

3. Desain, fitur, dan spek Yamaha Fazzio

Suzuki Saluto vs Yamaha Fazzio, Dua Skutik Retro Modern 125 CCYamaha Fazzio Neo

Mirip Saluto, desain Yamaha Fazzio juga bergaya retro modern, walaupun bodynya secara keseluruhan lebih membulat. Yamaha Fazzio juga diberikan warna-warna yang menarik, sehingga dijamin bakal menarik perhatian saat dipakai.

Beralih ke fiturnya, Yamaha Fazzio memang bukan motor yang benar-benar klasik malah bisa dibilang canggih banget. Yamaha Fazzio dilengkapi teknologi hybrid, lampu LED, panel instrumen full digital yang bisa disambungkan ke smartphone, port USB, serta sistem kunci keyless dengan answer back system.

Pada bagian mesinnya, Fazzio dibekali mesin 125 cc 1-silinder SOHC 2 katup injeksi berpendingin udara dengan teknologi Bluecore Hybrid. Mesin tersebut diklaim mampu memberikan tenaga maksimal 8,3 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

So, kamu lebih pilih yang mana nih?

Tapi harus banyak berdoa dulu nih, biar Suzuki memboyong Saluto 125 ke Indonesia dalam waktu dekat.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya