Comscore Tracker

Syarat dan Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret, Gampang Kok!

Jangan sampai menunggak pajak kendaraan, ya!

Jakarta, IDN Times - Membayar pajak kendaraan memang menjadi kewajiban bagi para pemilik kendaraan bermotor. So, kalau bisa jangan sampai telat atau tidak membayar pajak tahunan ya.

Sebab jika sampai telat membayar pajak hingga dua tahun, maka data kendaraanmu akan dihapus secara permanen. Kalau sudah begitu status motor atau mobilmu akan menjadi bodong alias ilegal.

Karena itu pastikan pajak kendaraanmu dibayar tepat waktu. Cara bayar pajaknya gampang, kok. Kamu misalnya gak harus datang langsung ke Sistem Administrasi Manunggal Satu (Samsat) melainkan bisa melalui Indomaret. Simak informasi syarat dan cara membayar pajak motor di Indomaret.

1. Selain di Samsat, pembayaran pajak motor bisa di Indomaret

Syarat dan Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret, Gampang Kok!Ilustrasi STNK (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Tapi kalau kamu ogah mengantre di Samsat, bisa kok bayar pajak motor di tempat lain, seperti di gerai Indomaret misalnya. Gerai Indomaret memang sudah banyak yang menyediakan layanan e-Samsat (Payment Point Online Bank/PPOB).

Saat ini, Indomaret yang memiliki layanan e-Samsat untuk pembayaran pajak motor baru tersedia di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Baca Juga: 3 Mobil MPV dengan Pajak Tahunan Termurah 

2. Syarat yang harus disiapkan untuk membayar pajak di Indomaret

Syarat dan Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret, Gampang Kok!Ilustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Pembayaran pajak motor di Indomaret ini bisa dibilang lebih praktis, karena tinggal menyiapkan beberapa persyaratan dan juga uang untuk membayar pajak motornya saja.

Untuk persyaratannya, kamu tinggal menyiapkan beberapa dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli pemilik motor, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli pemilik kendaraan, dan juga nomor HP yang aktif.

3. Langkah-langkah membayar pajak di Indomaret

Syarat dan Cara Membayar Pajak Motor di Indomaret, Gampang Kok!Indomaret yang berada di Jalan Abdul Wahab RT3/5, Kelurahan/Kecamatan Sawangan, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kalau sudah menyiapkan dokumen-dokumen tadi, berikut ini langkah-langkah membayar pajak di Indomaret yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

  • Datang ke Indomaret yang menyediakan layanan e-Samsat. Lalu sampaikan tujuan kalau kamu ingin membayar pajak motor kepada karyawan di kasir.
  • Lalu, kasir nantinya akan meminta informasi yang terdiri dari nomor polisi, nomor mesin motor, dan nomor HP kamu.
  • Begitu data sudah didapatkan, kasir akan memberitahukan nominal pajak yang harus dibayarkan. Selanjutnya kamu tinggal membayar pajak motor, beserta biaya adminnya lewat kasir.
  • Setelah selesai dibayar, kamu akan menerima struk pembayaran dan SMS berupa sebuah link yang berisi Electronic Registration and Identification (ERI) dari Polri.
  • Klik link pada SMS yang kamu terima, nantinya akan muncul gambar tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran elektronik (e-TBPKP) yang dilengkapi QR Code.
  • Kalau sudah, simpan bukti pembayaran tersebut untuk pengesahan di STNK motor kamu, dan bisa dicetak sendiri serta disahkan di Polsek atau Polres.

e-TBPKP ini ialah tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah. Tapi, untuk mencetak lembaran pajak yang tergabung dengan STNK, kamu tetap diminta untuk datang ke kantor Samsat pada hari dan jam dinas.

Baca Juga: Cara Menghitung Denda Pajak Motor 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya