Comscore Tracker

Touring Keliling Indonesia, Biker Yamaha XMAX Ini Butuh Waktu Setahun

Rencananya perjalanan akan selesai Desember 2022

Jakarta, IDN Times - Salah satu hobi pengendara motor yang banyak digemari ialah melakukan perjalanan jarak jauh alias touring. Touring ini biasa dilakukan sendirian, berdua, maupun beramai-ramai dengan teman-teman satu komunitas.

Ngomongin soal touring, ada sebuah perjalanan seorang pria bernama Ansar (40) yang bisa membuat kamu berdecak kagum bahkan mungkin sampai keheranan.

1. Touring selama satu tahun

Touring Keliling Indonesia, Biker Yamaha XMAX Ini Butuh Waktu SetahunPerjalanan touring dilakukan selama satu tahun (Dok. YIMM)

Gimana enggak, pria asal Lumajang, Jawa Timur itu saat ini sedang melakukan perjalanan touring. Gak tanggung-tanggung, Ansar melakukan perjalanan touring keliling Indonesia. Perjalanan mengelilingi 34 provinsi ini dilakukan Ansar selama satu tahun lamanya, mulai dari Desember 2021 sampai Desember 2022 mendatang.

Pria pengguna Yamaha XMAX ini, mengaku hobi berpetualang dan ingin membuat konten dokumentasi mengenai ragam budaya dan potensi wisata yang ada di seluruh pelosok negeri.

2. Dimulai dari Kota Lumajang

Touring Keliling Indonesia, Biker Yamaha XMAX Ini Butuh Waktu SetahunAnsar touring sendirian keliling 34 provinsi di Indonesia (Dok. YIMM)

Ekspedisi yang bernama 'Jelajah Budaya Nusantara' ini, dimulai dari Kota Lumajang pada Desember 2021 lalu. Pria yang tergabung dalam komunitas Indonesia Max Owner (IMO) ini memulai perjalanan ke arah Indonesia bagian Barat terlebih dahulu. Ia mengeksplorasi seluruh provinsi yang ada di Pulau Sumatera, kepulauan Riau dan Bangka Belitung.

Lalu perjalanan dilanjutkan menuju Kalimantan, sebagian Provinsi Sulawesi, Maluku, dan saat ini Ansar berada di monumen 0 Kilometer Distrik Sota, Kota Merauke, Papua.

3. Sudah menempuh lebih dari 29 ribu kilometer

Touring Keliling Indonesia, Biker Yamaha XMAX Ini Butuh Waktu SetahunPerjalanan touring Ansar dimulai dari kota Lumajang, Jawa Timur (Dok. YIMM)

"Dari total 7 bulan perjalanan darat dan laut, saya sudah menempuh jarak lebih dari 29.000 kilometer bersama XMAX, di mana sebanyak 25 provinsi dan 6 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang membentang dari Indonesia Barat hingga Timur sudah saya datangi," kata Ansar.

Selama perjalanannya ini, Ansar mengaku tidak mengalami kendala yang berarti, terutama pada kondisi motor matic bongsor yang digunakannya itu. Ini baru namanya touring, ya gak?

Baca Juga: Yamaha XMAX 250 Edisi Darth Vader Meluncur, Jauh Lebih Sangar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya