Comscore Tracker

Yamaha MT-09 Diablo, Motor Custom Karya Puig

Bentuknya agresif banget!

Jakarta, IDN Times - Mayoritas motor yang dibuat custom biasanya mengambil basis dari motor-motor bergaya neo-retro atau klasik, karena lebih mudah untuk dimodifikasi ke berbagai macam model, mulai dari cafe racer, flat tracker, dan yang lainnya. Tetapi kali ini ada motor custom yang mengambil basis dari motor yang benar-benar modern, yaitu Yamaha MT-09 SP.

Yamaha MT-09 SP ini diubah secara desain body keseluruhan oleh pabrikan aftermarket asal Spanyol, Puig. Puig sendiri memang sudah dikenal di seluruh dunia sebagai pembuat aksesoris aftermarket kelas atas, di Indonesia sendiri produk-produk Puig menjadi langganan pengguna moge (motor gede). Produk Puig yang banyak diminati konsumen Indonesia antara lain adalah windshield dan handgripnya.

Baca Juga: Yamaha Mio S, Motor Matic Andalan Yamaha 

1. Yamaha MT-09 SP yang dicustom Puig bernama Diablo

Yamaha MT-09 Diablo, Motor Custom Karya PuigDesain Yamaha MT-09 Diablo bikinan Puig (Bikesrepublic)

Puig memberikan nama pada motor customnya sebagai "Diablo", dan ini adalah motor yang memiliki konsep futuristik. Kalau dilihat sekilas, kamu pasti enggak bakal menyangka kalau Diablo ini merupakan Yamaha MT-09. Soalnya Puig sudah mengganti seluruh bagian body motor.

Bagaimanapun juga, motor custom ini menjadi media bagi Puig untuk menunjukkan kemampuannya di bidang aftermarket. Puig menyebut Diablo merupakan hasil dari proyek desain Everflowing mereka, yang mana sangat berfokus pada aerodinamika.

Baca Juga: Daftar Motor Termurah Honda, Yamaha, Suzuki

2. Tampang Diablo sangat agresif

Yamaha MT-09 Diablo, Motor Custom Karya PuigBentuk Yamaha MT-09 Diablo (bikersinsider.com)

Bodywork motor ini terlihat meruncing hampir di seluruh bagiannya, dan body custom itu juga sudah diuji di terowongan angin, dan sejara dramatis mengubah posisi pengendaranya menjadi lebih agresif.

Ditambah, beberapa bagian bodywork menampilkan aerodinamis aktif yang memiliki sensor. Sensor-sensor tersebut akan menentukan kapan bagian-bagian body tertentu akan bergerak untuk memberikan downforce lebih banyak.

3. Windshield dan fairingnya memiliki aero aktif

Yamaha MT-09 Diablo, Motor Custom Karya PuigBuritan Yamaha MT-09 Diablo (Bikersrepublic)

Khususnya pada windshield dan fairing samping, semuanya memiliki aero aktif. Windshield akan otomatis bergerak ke atas-bawah untuk melindungi pengendara dari dorongan angin yang kencang, sementara fairing samping akan bergerak memberikan downforce sekaligus menyalurkan udara untuk mendinginkan mesin.

Bagian mencolok lainnya pada motor custom ini adalah bagian lampu-lampunya, lampu depan dan belakang menggunakan LED dengan bentuk yang unik dan juga meruncing. Ada juga cover rem cakram yang diklaim menambah aerodinamika sekaligus membuat keseluruhan tampilan motor tetap futuristik.

Baca Juga: Pabrikan Motor Milik Keanu Reeves Mau Garap Motor Listrik

4. Masih tahap motor konsep

Yamaha MT-09 Diablo, Motor Custom Karya PuigYamaha MT-09 Diablo Puig (BikersInsider)

Mengingat betapa canggih dan sulitnya bodywork dari Diablo, saat ini Diablo hanya sebatas motor konsep. Kita hanya bisa membayangkan betapa rumitnya teknologi dan mahalnya biaya untuk mengembangkan dan memasarkannya.

Tapi kalau bicara secara keseluruhan memang motor ini terlihat keren banget, kebayang kalau dipakai di jalan raya, pasti mengundang perhatian banyak orang.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya