Comscore Tracker

5 Motor Yamaha XSR Custom, Inspirasi Bangun XSR155 Trackermu Sendiri

Mau street tracker atau trabasan, bebas pilih sesuai selera

Salah satu varian motor Yamaha XSR telah hadir meramaikan pasar otomotif Indonesia akhir tahun 2019 lalu. Varian ini merupakan XSR terkecil yang pernah dibuat Yamaha dengan hanya berkapasitas mesin 155cc. Mengusung konsep motor sport naked bernuansa klasik, motor ini menjadi favorit baru para pecinta kuda besi untuk dicustom. 

Berikut ini adalah beberapa motor custom bergendre tracker berbahan Yamaha XSR yang bisa jadi referensi buat diterapkan di XSR 155 barumu. 

1. Otokomae - Lelaki Tampan

5 Motor Yamaha XSR Custom, Inspirasi Bangun XSR155 Trackermu SendiriBikeexif.com

David Gonzales, seorang builder dari Ad Hoc Café Racers di Barcelona, bekerja sama dengan Yamaha Spanyol untuk membangun ulang motor Yamaha XSR700 dalam proyek Yamaha Yard Built. David mengubah XSR700 standar menjadi motor street tracker tangguh dan tampan, sesuai namanya Otokomae. Pilihan warna yang unik menjadikannya sangat eye catching, paduan warna biru terang dan kuning menyatu dengan gagahnya warna hitam sebagai dasar. 

2. Yard Built XSR700 By Bunker Custom

5 Motor Yamaha XSR Custom, Inspirasi Bangun XSR155 Trackermu Sendiribikeexif.com

Masih dalam proyek yang sama, Yamaha Yard Built, kali ini bengkel custom asal Turki yaitu Bunker Custom Cycles yang menggarap XSR700 menjadi motor tracker yang menggambarkan kebebasan seperti yang Yamaha mau.

Can dan Mert adalah dua orang dibalik Bunker Custom Cycles, meski Can dulunya adalah seorang skater dari Vans Turkey Team dan Mert bekerja di bidang pemasaran digital, hasil "iseng" mereka terhadap SR500 menarik perhatian Yamaha untuk mempercayakan program ini sehingga terciptalah tracker XSR700 diatas.  

Baca Juga: [BREAKING] Yamaha Luncurkan Motor Trail WR155R, Lawan KLX dan CRF 150!

3. XSR700 True Tribute

5 Motor Yamaha XSR Custom, Inspirasi Bangun XSR155 Trackermu SendiriBikeexif.com

Kali ini giliran dua builder Portugis, Nuno Capêlo (Capêlo’s Garage) dan Ricardo Santos (Elemental Rides),  yang merombak XSR700 menjadi motor enduro atau motor trabas. Masih untuk memenuhi niatan Yamaha Portugal dalam program konversi XSR700 menjadi motor tracker.

Dengan kampanye "back to dirt" yang diusung Yamaha Portugal, Nuno dan Ricardo benar-benar membuat XSR700 siap buat kotor-kotoran diajak trabas. Terinspirasi dari motor trabas yamaha tahun 80an, motor inipun diberi nama XSR700 TT, true tribute. 

4. Big Wheel Yamaha XSR

5 Motor Yamaha XSR Custom, Inspirasi Bangun XSR155 Trackermu Sendiribikeexif.com

Big wheel Yamaha XSR yang dicustom oleh Sur Les Chapeaux De Roues, bengkel custom asal Prancis, terinspirasi dari motor BW200 yang diproduksi tahun 80an. Bagian yang paling menunjukkan ciri khas BW200 adalah bagian roda yang bulky terutama roda belakang. Motor bergendre tracker ini menggunakan roda yang super besar supaya menjadi motor yang mudah dikendarai dalam berbagai kondisi. 

5. Trail Breaker

5 Motor Yamaha XSR Custom, Inspirasi Bangun XSR155 Trackermu SendiriBikeexif.com

Trail Breaker berbahan dasar varian XSR paling kecil dibanding sodaranya yang berkapasitas 700 dan 900cc yaitu 155cc yang telah beredar di Indonesia. Motor ini merupakan keluaran Yamaha Thailand yang bekerja sama dengan builder kenamaan, K-Speed. Design dari motor ini terinspirasi dari motor adventure dan off road yang kekar namun tetap lincah.

Itu dia 5 motor custom tracker Yamaha XSR dari berbagai negara yang bisa jadi inspirasi buat ngecustom Yamaha XSR155 barumu. 

Baca Juga: Bingung Pilih Trail Adventure atau Supermoto? Ini Pilihan Terbaiknya

Fahmi Faturahman Photo Writer Fahmi Faturahman

kosong

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya