Comscore Tracker

Made in Indonesia, 5 Merek Sepeda Ini Berkibar di Negeri Sendiri

Bangga!

Jakarta, IDN Times - Taiwan pernah mengklaim sebagai rajanya sepeda di dunia. Bukan klaim kosong, sih. Sebab memang banyak merek sepeda ternama berasal dari negeri tersebut. Sebut sana Giant, KHS, Merida, dan Liv.

Sepeda-sepeda tersebut banyak berseliweran di tanah air. Bahkan juga ada komunitasnya masing-masing. Tapi bukan berarti sepeda-sepeda buatan lokal lantas tersingkir, loh. Sebab merek-merek sepeda lokal juga banyak digemari.

Harga sepeda-sepeda lokal ini relatif lebih murah dibandingkan sepeda-sepeda impor. Soal kualitas, merek-merek lokal juga bisa diadu. Bahkan ada merek lokal yang telah diakui dunia, yakni Polygon. 

Nah, berikut merek-merek sepeda lokal yang gak hanya sukses bertahan dari gempuran sepeda-sepeda impor, tapi juga berhasil menjadi tuan di negeri sendiri.

1. Polygon

Made in Indonesia, 5 Merek Sepeda Ini Berkibar di Negeri Sendiripolygonbikes.com

Jika mendengar merek Polygon pasti yang terlintas ialah merek sepeda terkenal. Yups memang benar, nama Polygon memang sudah gak asing lagi, bukan cuma di Indonesia, tapi juga di dunia.

Polygon Bikes didirikan oleh PT Insera Sena pada tahun 1989 di Sidoarjo, Jawa Timur. Kala itu Polygon hanya memproduksi rangka sepeda berbahan alumunium untuk di distribusikan ke pasar Asia Tenggara.

Pada tahun 2012, Polygon mulai diakui dunia lewat inovasi teknologinya, yaitu Floating Suspension System. Teknologi ini kemudian diakui media Jerman sebagai “World of MTB” sebagai teknologi yang otentik dan berpengaruh.

Sejauh ini, Polygon telah melakukan distribusi di 32 negara dan memiliki 650 outlet yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga: Polygon Gili Velo Jadi Incaran, Apa Saja Kelebihannya?

2. United

Made in Indonesia, 5 Merek Sepeda Ini Berkibar di Negeri Sendiriunitedbike.com

United juga gak kalah populer dengan Polygon lho. Terbukti dengan diakuinya merek sepeda United di dunia sebagai merek berkualitas baik.

Merek United mulai diproduksi pada tahun 1991 oleh PT. Terang Dunia Internusa. Sehingga pengalaman mereka dalam membuat sepeda tentu gak usah diragukan lagi.

Ditambah lagi, United sudah lebih lama memasarkan produknya ke pasar sepeda dunia, yaitu dari tahun 1993. Perusahaan sepeda asal tanah air ini juga sudah bergelut di dunia persepedaan hampir 50 tahun, lama banget ya.

Berbeda dari merek sepeda lain, United fokus pada pengembangan produk yang eco-friendly dan inovatif.

3. Wimcycle

Made in Indonesia, 5 Merek Sepeda Ini Berkibar di Negeri SendiriInstagram.com/wimcycle

Goweser pasti tahu nama merek yang satu ini, apalagi saat masa kecil di tahun 90-an, nama Wimcycle sudah jadi nama yang selalu nemanin hari-hari kala itu.

Wimcycle merupakan brand sepeda asli buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycles Industries pada tahun 1976 dan berlokasi Surabaya.

Dulu, Wimcycle terkenal karena produk sepeda BMX nya, tapi sekarang Wimcycle juga memproduksi lini sepeda gunung (MTB).

Pada lini sepeda gunung (MTB), ada dua produk unggulan Wimcycle yang menjadi produk terlaris di Indonesia, kedua seri itu adalah seri Adrenaline Agent dan juga seri Thrill Agent.

Terlebih lagi, setelah sukses di pasar sepeda Indonesia, produk-produk Wimcycle telah tembus ke pasar mancanegara. Lebih dari 20 negara menjadi sasaran distribusi sepeda Wimcycle. 

Oleh karena itu, produk Wimcycle bisa jadi incaran kamu ketika ingin membeli sepeda berkualitas baik.

4. Pasific

Made in Indonesia, 5 Merek Sepeda Ini Berkibar di Negeri SendiriInstagram.com/pacificbikeofficial

Pasific bike merupakan merek sepeda lokal di bawah naungan PT Roda Pasifik Mandiri (RPM) berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Produk sepeda buatan Pasific sudah lebih dari 25 tahun melintang di Indonesia, bahkan merek ini sudah menjangkau hingga pelosok daerah di tanah air. 

Yang membedakan sepeda buatan Pasific dengan merek lain adalah dari segi responsif dan geometri yang sangat oke.

Selain itu, harga yang dipatok juga terjangkau dan relatif murah, gak heran kenapa banyak goweser memilih produk sepeda Pasific.

5. Element

Made in Indonesia, 5 Merek Sepeda Ini Berkibar di Negeri SendiriInstagram.com/elementbikeid

Kalau kamu suka dengan sepeda dengan desain yang menarik dan instagram-able, mungkin kamu cocok dengan merek sepeda lokal Element.

Sepeda Element banyak dikenal karena sepeda nya yang unik dan selalu mengikuti tren perkembangan zaman.

Element sendiri merupakan merek sepeda lokal yang memulai penjualannya pada tahun 2008 lalu oleh PT. RODA MAJU BAHAGIA di Kendal, Jawa Tengah. 

Produk Element gak hanya terkenal di kalangan masyarakat biasa, namun banyak dari selebriti tanah air juga menggunakan merek ini. 

Salah satu alasan orang membeli produk Element adalah karena produk-produknya yang mudah di dapat, dan harganya yang relatif murah dengan banyak pilihan sepeda.

https://www.youtube.com/embed/0qQ4e24LKeg

Baca Juga: Kecelakaan Sepeda Sering Terjadi, Waspadai 4 Situasi Ini

Topic:

  • Faiz Iqbal Maulid
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya