Comscore Tracker

Skutik Mendadak Mogok? Coba Cek Tiga Bagian Ini 

Komponen kotor jadi penyebab paling utama

Jakarta, IDN Times - Sepeda motor jenis skuter matik atau skutik masih jadi motor paling diminati. Lihat saja di jalanan, hampir setiap detik ada skutik. Gak mengherankan, sih, Sebab skutik emang praktis banget.

Bahkan saking praktisnya sampai banyak yang lupa kalau motor jenis ini pun perlu perawatan. Sebab, jika tak dirawat, skutik bisa mendadak mogok di jalanan, loh. Kalau sudah begitu bukan cuma repot, tapi duit yang keluar juga  bakal lebih banyak.

Nah, kalau skutikmu mendadak mogok di jalan, coba cek dulu beberapa bagian ini. Siapa tahu gak sampai harus turun mesin.

1. Filter udara sudah kotor

Skutik Mendadak Mogok? Coba Cek Tiga Bagian Ini youtube.com/Irfanirvan22

Penyebab paling umum skutik mendadak mati adalah filter udaranya yang sudah kotor. FYI, filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Ini berguna agar proses pembakaran lebih maksimal, dan jika kotor, semprotan ke bahan bakarnya jadi kurang.

Namun hati-hati, ada beberapa motor skutik yang masih menggunakan filter kering yang tidak bisa dibersihkan dan harus diganti.

2. Performa busi bermasalah

Skutik Mendadak Mogok? Coba Cek Tiga Bagian Ini Car From Japan

Yang kedua, motor skutik mati mendadak karena hilangnya pengapian. Hal ini terjadi disebabkan performa busi yang bermasalah, sehingga pengoperasiannya kurang sempurna.

Disarankan lakukan pemeriksaan beberapa sumber komponen, dari busi, CDI, sepul dan lainnya jika pengapian hilang.

3. Permasalahan pada injektor

Skutik Mendadak Mogok? Coba Cek Tiga Bagian Ini ridergalau.com

Penyebab lain juga karena injektornya yang bermasalah. Injektor yang kotor bisa membuat pengaliran bahan bakar tersumbat.

Yang bisa kamu lakukan ketika hal ini terjadi, tidak lain adalah membersihkan komponen tersebut. 

Dan perlu diingat untuk selalu melakukan servis motor secara rutin, hal ini wajib untuk menjaga kebersihan dari berbagai komponen motor.

Baca Juga: Tiga Skutik Petualang Ini Desainnya Cowok Banget! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya