Comscore Tracker

Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Motormu Harus Banget Diservis

Paling enggak, 3 bulan sekali. Yuklah, jangan malas!

Bagi beberapa orang, servis kendaraan dianggap gak terlalu penting. Sebenarnya, hal itu gak melulu benar, sih. Kendaraan itu harus kita rawat sebagaimana kita merawat wajah pakai segala macam skincare biar rupa tetap glowing tanpa jerawat. Begitu pula dengan kendaraan, kadang kita harus mengecek spare part kendaraan. Jika ada cacat atau kerusakan, bisa jadi malah membahayakan kita kalau mengendarainya.

Nah, hal di atas penting, apalagi buat kamu yang punya motor, nih. Jangan malas-malas membawa motormu ke bengkel untuk diservis. Kalau kesulitan menentukan waktu servis, kamu bisa cek tanda-tanda di bawah ini. Kalau motormu mengalaminya, artinya wajib banget kamu membawanya ke bengkel!

1. Rasanya berat pas gas motor di awal

Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Motormu Harus Banget DiservisUnsplash/Bin Thiều

Hal ini pasti bisa banget kamu rasakan, deh! Ketika pertama kali gas motor, kalau rasanya lebih berat dari biasanya, berarti ada sesuatu bagian dari motormu yang harus diperbaiki. "Berat" itu artinya saat motornya kamu tarik gasnya, ia tidak melaju cepat. Penyebabnya bisa beragam. Mungkin, karburatornya atau kabel gasnya kotor.

Kondisi kayak gini tentu kamu gak bisa mengecek sendiri sehingga kamu perlu membawa motormu ke bengkel untuk diperbaiki ahlinya.

2. Pas dinyalakan, sering tiba-tiba mati mesinnya

Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Motormu Harus Banget DiservisUnsplash/ Vesela Vaclavikova

Kondisi ini kerap terjadi baik pada motor matik maupun motor bebek biasa. Mungkin, kamu pernah mengalaminya pas mau gas, mesinnya malah mati. Nah, kalau sudah begini, artinya motor sudah harus diservis karena pasti ada bagian mesin yang kotor sehingga perlu dibersihkan dengan cara khusus.

Baca Juga: Tiga Pabrikan Motor Ini Konsisten Bikin Motor Berdesain Klasik

3. Ada asap keluar dari knalpot

Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Motormu Harus Banget DiservisUnsplash/Mohiuddin Farooqui

Khususnya motor emisi terbaru, kita hampir gak pernah mendapati ada asap putih yang mengepul keluar dari knalpot. Hal ini bisa disebabkan busi motor yang kotor sehingga pengapiannya gak maksimal.

Bisa juga karena ring piston yang mulai aus. Daripada mengganggu pengendara lainnya di jalan raya, lebih baik kamu servis dulu motornya kalau mengalami hal seperti ini.

4. Suara motormu terdengar keras dan kasar

Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Motormu Harus Banget DiservisUnsplash/Arron Choi

Coba diingat-ingat pas motormu masih baru, deh. Ketika distarter, pasti suaranya halus, bahkan hampir tak terdengar, kan? Nah, kalau suatu saat ada suara yang berisik dari motormu, bisa jadi mesinnya sudah aus sehingga harus diperbarui atau diperbaiki. Gak asyik dong di jalan raya lagi motoran tapi kendaraannya berisik?

5. Kilometernya sudah melebihi batas terakhir untuk servis

Jangan Ditunda, Ini 5 Tanda Motormu Harus Banget DiservisUnsplash/Alexa Wirth

Nah, ini juga tanda paling gampang. Coba cek di speedometer motormu. Lihat kilometernya apakah sudah melebihi dari batas servis sebelumnya? Biasanya di tempat servis motor resmi akan diberi tanda pada kilometer berapa kamu sudah harus menyervisnya lagi.

Namun, kalau lupa, setidaknya coba dihitung. Menurut ahlinya, motor sudah harus diservis setiap 2000 km sekali. Yuk, cek kilometer motormu sekarang!

Nah, itulah sedikit tanda kalau motormu sudah harus segera diservis. Yuk, jangan malas servis mulai sekarang karena bisa bahaya buat motormu, lho!

Baca Juga: Pengin Beli Motor Matic Budget Rp4 Juta? 5 Motor Ini Pilihannya!

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya