Comscore Tracker

5 Tips Simpel Berkendara Saat Macet, Antisipasi Risiko Merugikan

Keamanan tetap yang utama

Bagi sebagian besar pengendara, suasana macet merupakan salah satu keadaan atau situasi yang dianggap cukup menyebalkan. Terutama di kota-kota besar, kemacetan sudah pasti tidak bisa kamu hindari saat pergi atau pulang dari tempat aktivitas sehari-hari.

Meski terkadang menguras emosi, berikut ini beberapa tips singkat saat kamu menghadapi situasi macet agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

1. Minimalisir penggunaan pedal rem secara mendadak

5 Tips Simpel Berkendara Saat Macet, Antisipasi Risiko Merugikandriversedguru.com

Saat sedang berada di tengah jalan raya yang macet, usahakan tetap fokus dengan suasana sekitar agar tetap bisa menyetir dengan baik. Kamu juga jangan sering-sering menggunakan pedal rem secara mendadak karena terhalang kendaraan di depan secara tiba-tiba. Penggunaan rem mendadak secara berlebihan akan membuat keamanan, fokus, dan kenyamanan berkendara kamu bisa terganggu.

2. Untuk mencegah mesin mobil mati, selalu gunakan gigi rendah

5 Tips Simpel Berkendara Saat Macet, Antisipasi Risiko MerugikanPixabay.com/webandi

Usahakan juga selalu menggunakan gigi rendah saat berada di area kemacetan jalan raya. Penggunaan gigi kendaraan yang tinggi akan memberikan beban lebih berat dan berlebihan dan bisa berisiko mematikan mesin kendaraan. Tak hanya itu, pergerakan kendaraan dengan menggunakan gigi rendah akan memudahkan kamu untuk tetap pada posisi yang stabil dan aman.

3. Jaga jarak aman dengan mengurangi penggunaan setengah kopling

5 Tips Simpel Berkendara Saat Macet, Antisipasi Risiko MerugikanPixabay.com/0532-2008

Berkaitan dengan rem mendadak, kamu juga perlu menjaga jarak aman kendaraan dengan kendaraan lain di depan. Untuk mengantisipasi terjadinya tubrukan, sebaiknya kurangi penggunaan setengah kopling karena akan membuat respon mobil lebih sensitif. Tak hanya itu, akibat penggunaan setengah kopling yang cukup sering, kampas mobil juga akan cepat mengalami keausan karena panas berlebihan.

Baca Juga: Mengenal 5 Kendaraan Tempur Buatan Anak Negeri, Keren!

4. Jangan bermain-main dengan kecepatan

5 Tips Simpel Berkendara Saat Macet, Antisipasi Risiko MerugikanPixabay.com/Gellinger

Meski terkadang bikin emosi, jangan sekali-kali bermain-main dengan kecepatan saat sedang berada dalam situasi macet ya? Akan ada banyak sekali risiko membahayakan yang akan terjadi saat kamu mengabaikan aturan kecepatan berkendara. Apalagi jika kamu tidak terlalu mahir berkendara, faktor kecepatan kendaraan tentu saja mutlak harus kamu perhatikan.

5. Untuk meringankan kerja mesin mobil, matikan perangkat AC

5 Tips Simpel Berkendara Saat Macet, Antisipasi Risiko MerugikanPixabay.com/kaboompics

Walaupun suasana sedang panas, sebaiknya matikan perangkat pendingin yang terpasang di dalam kendaraan. Perangkat pendingin yang dimatikan saat sedang macet akan membuat ringan kinerja kendaraan yang kamu pakai. Jadi, meskipun sedang macet kamu bisa tetap merasakan kenyamanan saat sedang menyetir secara perlahan.

Dengan menerapkan beberapa tips sederhana di atas, perjalananmu sudah pasti akan nyaman, aman dan tentu saja selamat sampai tujuan.

Baca Juga: 5 Tips Menyalip Kendaraan Menurut Undang-undang, Sudah Patuh Belum?

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You