Comscore Tracker

5 Alasan Simpel Jangan Biarkan Helm Basah dalam Jangka Waktu Lama

Langsung cuci dan keringkan pascabanjir, ya?

Helm merupakan salah satu perlengkapan utama dan vital ketika kamu mengendarai motor di jalan raya. Saat musim hujan, terutama banjir, helm biasanya akan basah jika kamu tak segera berteduh atau tiba di tempat tujuan. Kebiasaan malas mencuci dan mengeringkan helm saat sudah basah menjadi penyebab beberapa gangguan kesehatan.

Berikut ini beberapa alasan sederhana mengapa kamu jangan membiarkan helm kamu dalam keadaan basah atau lembap dalam jangka waktu yang lama.

1. Helm akan cepat rusak, baik bagian dalam atau luarnya

5 Alasan Simpel Jangan Biarkan Helm Basah dalam Jangka Waktu Lamagearpatrol.com

Tentu saja, helm yang terus-terusan berada dalam kondisi lembap karena hujan akan membuat kualitasnya semakin memburuk. Baik bagian dalam atau luar, helm akan cepat mengalami kerusakan jika dibiarkan lama dalam keadaan basah.

Meski helm yang kamu beli mahal dan berkualitas tinggi, hal tersebut tak akan memberikan pengaruh yang cukup berarti jika kamu tak bisa menjaganya dengan baik.

2. Permukaannya terlihat kusam dan tak menarik

5 Alasan Simpel Jangan Biarkan Helm Basah dalam Jangka Waktu Lamaebay.com

Selain akan cepat mengalami kerusakan, helm dalam keadaan basah dalam jangka waktu lama juga akan membuat permukaannya menjadi lebih kusam. Tak sedap dipandang mata, permukaan helm yang kusam dan tak menarik akan membuatnya lebih cepat usang.

Gak elok kan kalau helm yang baru saja dibeli terlihat kusam seperti sudah berusia puluhan tahun?

Baca Juga: Biar Gak Bau dan Selalu Nyaman Dipakai, 3 Tip Sederhana Merawat Helm

3. Mengeluarkan aroma tak sedap yang mengganggu

5 Alasan Simpel Jangan Biarkan Helm Basah dalam Jangka Waktu Lamaoutsidepursuits.com

Oh, siapa pun akan merasa terganggu dengan aroma menyengat permukaan bagian dalam helm yang basah karena hujan. Hampir sama menyengatnya dengan aroma kaos kaki yang tak dicuci berbulan-bulan, helm beraroma busuk tentu saja sangat tak nyaman digunakan.

Jadi, jangan biarkan helm berada dalam kondisi basah jika tidak ingin perjalananmu dengan motor terganggu hanya karena masalah aroma menyengat helm?

4. Tumbuhnya jamur dan jadi sarang penyakit

5 Alasan Simpel Jangan Biarkan Helm Basah dalam Jangka Waktu Lama24helmets.de

Menjadi sumber aroma menyengat yang mengganggu, helm lembap juga bisa menjadi penyebab utama tumbuhnya jamur, virus, dan sarang penyakit. Tak heran, saat kamu nekat menggunakan helm basah, gatal-gatal dan beberapa gangguan kesehatan lainnya akan kamu rasakan dengan cepat.

5. Kait pengikat bisa berkarat dan cepat dol atau macet

5 Alasan Simpel Jangan Biarkan Helm Basah dalam Jangka Waktu Lamadrivespark.com

Yang tak kalah penting, helm dalam keadaan basah juga akan membuat kait pengikat dan beberapa bagian helm berkarat lebih cepat. Karena berkarat, kait pengikat di kedua sisinya biasanya akan cepat dol atau macet dan tidak berfungsi dengan baik. Helm dengan sistem pengait yang rusak biasanya akan membuat pemakaian menjadi terganggu.

Jadi, mulai sekarang, jangan pelihara kebiasaan malas mengeringkan helm saat sudah dalam keadaan basah, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Helm Kesayanganmu Sudah Harus Diganti

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya