Comscore Tracker

Girls, Hindari 5 Kesalahan Saat Naik Motor Agar Selamat di Perjalanan

Jangan dilakuin ya?

Jika dulu cewek yang mengendarai motor dianggap tabu, maka sekarang hal tersebut sudah dianggap lumrah dan tak aneh lagi. Meski demikian, ada beberapa hal unik yang biasa terjadi ketika seorang cewek mengendarai motor dengan kebiasaan-kebiasaan khasnya.

Beberapa di antaranya ada yang dianggap sebuah kesalahan karena membahayakan keselamatan selama berkendara. Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengendara motor cewek saat berada di jalan raya.

1. Sering melakukan rem mendadak di tengah jalan raya

Girls, Hindari 5 Kesalahan Saat Naik Motor Agar Selamat di Perjalananotomotifnet.gridoto.com

Meski juga sering dilakukan pengendara motor cowok, sebagian besar cewek memang biasanya sering melakukan pengereman mendadak ketika berkendara. Terutama ketika sedang berada dalam kecepatan tinggi, cewek biasanya akan melakukan rem mendadak di waktu yang tak tepat. Melakukan pengereman mendadak bukan hanya membahayakan diri sendiri, namun juga mengancam keselamatan pengendara lain di belakangnya.

2. Banyak mikir saat akan belok atau lurus sehingga terkesan ragu-ragu

Girls, Hindari 5 Kesalahan Saat Naik Motor Agar Selamat di Perjalananaapkatimes.com

Ketika sedang berada di tikungan jalan, cewek biasanya akan banyak mikir saat akan memilih jalan belok atau terus lurus. Terkesan ragu-ragu, mereka biasanya akan terdiam lama di tempatnya sehingga memancing pengendara di belakang untuk menekan klakson kuat-kuat. Terutama ketika jalan raya yang dilalui masih asing, maka mereka akan lebih banyak mikir akan memilih jalan yang mana yang akan dilalui.

3. Mengenakan rok span dan atau sepatu hak tinggi

Girls, Hindari 5 Kesalahan Saat Naik Motor Agar Selamat di PerjalananPixabay.com/StockSnap

Meski sedang terburu-buru atau memang karena suka, sebaiknya hindari mengenakan rok span dan sepatu hak tinggi saat berkendara. Rok span dan sepatu hak tinggi akan membatasi ruang gerak ketika sedang serius mengendarai motor. Iya kalau jalan yang dilalui lurus terus seperti jalan tol, lah kalau jalan rayanya belok-belok, penuh kerikil tajam, macet, lalu tiba-tiba melintas pasar tumpah gimana coba?

Baca Juga: 5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!

4. Nyalain sein tapi lupa matiin atau sein kanan lupa normalin

Girls, Hindari 5 Kesalahan Saat Naik Motor Agar Selamat di PerjalananYouTube.com

Bukan hanya menekan sein kiri tapi berbelok ke kanan, cewek juga biasanya sering melakukan kesalahan mengenai penggunaan lampu sein lainnya. Bisa terjadi lupa mematikan sein setelah berbelok, lupa menyalakan sein saat akan menyalip, atau bahkan membiarkan sein menyala meski tak berbelok.

Segala kesalahan mengenai penggunaan lampu sein biasanya memang tak disadari karena pikiran mereka lebih fokus pada kondisi jalan raya di depan.

5. Bagi yang berhijab, jangan gunakan kerudung lebar ketika naik motor

Girls, Hindari 5 Kesalahan Saat Naik Motor Agar Selamat di PerjalananUnsplash/febri sym

Sudah banyak contoh kasus kecelakaan yang terjadi saat cewek mengenakan hijab terlalu lebar saat mengendarai motor. Jilbab yang terlalu lebar biasanya akan tergerai mengikuti arah angin dan bisa saja tersangkut di roda atau mesin ketika motor sedang jalan. Jika pun terpaksa mengenakan jilbab lebar sebaiknya bagian bawah ditekuk sehingga tidak berpotensi masuk ke dalam roda yang sedang berputar kencang.

Jadi, tetap utamakan keselamatan di jalan raya ya!

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Sempit, Anti Senggol Kiri Kanan

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You