Comscore Tracker

Hati-hati! Ini 5 Risiko Fatal Menerobos Banjir Saat Naik Motor

Keselamatan nomor satu, ya

Bencana banjir yang melanda ibu kota dan beberapa daerah beberapa waktu lalu semestinya bisa kamu jadikan pedoman agar tetap menjaga keselamatan. Salah satu contohnya saat kamu terjebak banjir selama perjalanan. Jangan sekali-kali menerobos airnya, ya.

Meski sedang terburu-buru sekalipun, menerjang air banjir dengan tergesa-gesa bukan pilihan yang tepat. Jika kamu nekat menerobos banjir, beberapa hal berbahaya ini bisa saja kamu alami tanpa diduga.

1. Tubuhmu akan merasakan kedinginan dengan suhu ekstrem

Hati-hati! Ini 5 Risiko Fatal Menerobos Banjir Saat Naik Motordanielmcbane.com

Sudah pasti, saat nekat menerjang banjir, tubuh kamu akan langsung terkena cipratan airnya. Hal tersebut banyak disepelekan orang, meski sebenarnya sangat tidak baik bagi kesehatan. Tubuh yang terkena air hujan biasanya rentan terkena penyakit karena suhu dingin dari air hujan bisa saja menjadi penyebab utama timbulnya gangguan kesehatan.

2. Bisa saja motormu hanyut terseret arus

Hati-hati! Ini 5 Risiko Fatal Menerobos Banjir Saat Naik Motoreatsleepride.com

Meski banjir tidak terlihat tinggi, jangan menganggap enteng dengan menerobos arusnya. Jika tidak pandai menjaga keseimbangan kendaraan, bisa saja motor akan terbawa arus mengikuti aliran banjir. Ya kalau arus banjir tidak membawa motormu ke tempat yang jauh. Kalau alirannya hingga ke tempat-tempat yang sulit dijangkau, bisa berabe urusan.

Baca Juga: Mobil Terendam Banjir? Ini 5 Cara Pertolongan Pertamanya

3. Risiko tergelincir dan rawan kecelakaan

Hati-hati! Ini 5 Risiko Fatal Menerobos Banjir Saat Naik MotorYouTube.com/skynet2097

Karena saat banjir kamu tidak bisa melihat keadaan di jalan raya, risiko motor tergelincir atau terperosok bisa saja terjadi tanpa diduga. Belum lagi, jika jalan raya yang kamu lewati tak rata dan banyak batu-batu besar, besar kemungkinan motor akan rawan kecelakaan.

Jadi, pikir-pikir lagi kalau nekat menerobos banjir karena keselamatan berkendara tergantung dari bagaimana kamu bertindak.

4. Motor akan cepat mengalami kerusakan karena terendam banjir

Hati-hati! Ini 5 Risiko Fatal Menerobos Banjir Saat Naik Motortopgear.com.ph

Tentu saja, motor yang terlalu lama berada dalam air akan membuat komponen-komponen di dalamnya cepat rusak, terutama komponen listrik dan bahan-bahan rentan karat. Kerusakan tersebut biasanya akan lebih fatal jika dibandingkan saat tidak banjir.

Sudah mengeluarkan banyak biaya dan tenaga merawat motor, tiba-tiba rusak total gara-gara kamu nekat menerobos banjir. Sayang, kan?

5. Merugikan dan membahayakan pengendara atau pejalan kaki lainnya

Hati-hati! Ini 5 Risiko Fatal Menerobos Banjir Saat Naik Motornst.com.my

Nah, ini yang paling penting saat kamu nekat menerjang banjir ketika berkendara dengan motor. Selain motor akan cepat usang, keselamatan pengendara dan orang-orang di sekitar jalan raya juga akan terancam. Orang-orang yang tak menerobos airnya akan tetap aman dan terhindar dari risiko kecelakaan fatal yang mengancam jiwa.

Ingat, ya, keselamatan kamu di jalan raya tergantung dari perilakumu selama berkendara!

Baca Juga: 6 Fakta Delta Works, Sistem Perlindungan Banjir Canggih ala Belanda

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya