Comscore Tracker

5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!

Pernah alami?

Ketika berkendara, kamu pasti pernah mengalami situasi di mana kamu terjebak dalam sebuah kerumunan demo besar. Mungkin tak akan menjadi masalah jika demo dilakukan dengan tertib dan damai, namun hal berbeda bisa saja terjadi jika demo berakhir dengan kericuhan dan kerusuhan.

Berikut ini beberapa tips sederhana aman berkendara ketika kamu terjebak dalam sebuah demo besar.

1. Selalu simak berita-berita aktual, terutama kondisi lalu lintas

5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!motionarray.com

Selain untuk menambah wawasan, update informasi kondisi lalu lintas terkini mutlak harus kamu lakukan jika ingin berkendara dengan aman tanpa hambatan. Jika tahu di lokasi tertentu sedang terjadi demo, kamu bisa mengambil jalan alternatif lain untuk dilalui.

Meski biasanya jalan alternatif tidak selancar jalan utama, hal tersebut tidak menjadi masalah jika kamu memang ingin cepat sampai di tempat tujuan.

2. Jangan sekali-kali menyembunyikan klakson dengan nada tinggi

5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!kmuw.org

Ingat ya, jangan sekali-kali membunyikan klakson dengan tekanan kuat ketika sedang melihat demo besar ya? Jangan karena emosi ketika perjalanan terhambat, kamu meluapkan kekesalan dengan menekan klakson secara membabi buta. Iya kalau para pendemo sabar, lah kalau mereka tersinggung dan emosi lalu berbalik menyerangmu bagaimana?

3. Untuk menunjukkan empati, kamu bisa turun dari kendaraan

5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!inews.co.uk

Sebagai bentuk dukungan dan sikap empati, kamu bisa juga turun dari kendaraan meski hanya sebentar. Tunjukkan sikap ramah dengan mengajak berbincang salah satu dari mereka di belakang dan sikapi dengan bijak permasalahan mereka. Di akhir percakapan, kamu bisa memberikan kalimat-kalimat positif agar semua bisa berjalan aman dengan hasil akhir yang baik.

Baca Juga: Tip Aman Berkendara Melewati Kabut Asap Tebal

4. Amankan barang-barang bawaan sebagai antisipasi jika terjadi kerusuhan

5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!newsroom.aaa.com

Untuk sekadar jaga-jaga dan bentuk antisipasi, kamu bisa mengamankan barang-barang penting dan berharga untuk simpan di tempat aman. Karena kamu tidak bisa memprediksi sebuah demo akan berakhir damai atau ricuh, maka antisipasi segala hal mutlak harus kamu lakukan. Kamu tentu tidak ingin barang-barang berhargamu hilang karena tangan jahil orang-orang tak bertanggung jawab kan?

5. Ambil jalan keluar paling dekat (nearest exit)

5 Tips Berkendara Saat Terjebak dalam Demo Besar, Jangan Panik!charlottefive.com

Nah, ini nih yang paling penting diketahui saat kamu terjebak dalam sebuah demo besar ketika bekendara. Sebelum demo semakin besar, segera cari jalan keluar paling dekat (nearest exit) agar kamu bisa menghindari kemacetan. Untuk mencari jalan keluar paling dekat, kamu bisa tanya petugas kepolisian, masyarakat, atau orang-orang yang sudah tahu lokasi dan kondisi jalan secara lebih rinci.

Jadi, jangan panik ketika kamu terjebak dalam demo besar ya. Namun, sikap waspada tentu saja harus kamu miliki untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan terjadi.

Baca Juga: 5 Tips Dasar Keselamatan Berkendara Motor, Kamu Wajib Tahu!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya