Comscore Tracker

6 Tips Simpel Memilih Jas Hujan, Biar Perjalananmu Aman dan Nyaman

Jangan asal murah ya?

Jas hujan merupakan salah satu penolong utama saat kamu sedang melakukan perjalanan dengan motor saat hujan sedang deras-derasnya. Berbagai merek, bahan dan ukuran jas hujan dijual bebas di pasar online atau lapak-lapak pinggir jalan.

Karena tidak dipakai sepanjang waktu, banyak orang biasa membeli jas hujan secara sembarangan dan tidak memperhatikan segi keselamatannya. Asal murah, pas, dan tak kehujanan, banyak orang memilih jas hujan tanpa pertimbangan matang.

Nah, berikut ini beberapa tips dan kiat sederhana bagaimana cara memilih jas hujan agar perjalananmu tetap aman dan nyaman meski sedang diguyur hujan.

1. Perhatikan jahitan jas hujan dan pastikan kerapatan dan kerapiannya

6 Tips Simpel Memilih Jas Hujan, Biar Perjalananmu Aman dan Nyamanalexnld.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika membeli jas hujan adalah mengenai kerapian dan kerapatan jahitannya. Karena air hujan sifatnya cair, maka ia akan mencoba masuk ke dalam rongga-rongga terkecil jas hujan jika jahitannya kurang rapat. Ketika kamu mendapati jahitan jas hujan kurang rapi, maka sebagus apa pun jas hujan tetap tak akan berguna jika air tetap merembes ke dalamnya.

2. Pilih ukuran jas hujan yang lebih besar satu tingkat dari jas yang biasa dipakai

6 Tips Simpel Memilih Jas Hujan, Biar Perjalananmu Aman dan Nyamanaa.com.tr

Selain masalah jahitan, kamu juga jangan memilih ukuran jas hujan yang sesuai ukuran jaket yang kamu pakai sehari-hari. Sebaiknya pilih jas hujan dengan ukuran satu atau dua kali lipat lebih besar dari yang biasa kamu pakai. Saat kamu memakai jas hujan yang lebih besar, maka kamu bisa leluasa mengenakan jaket, tas gendong dan barang-barang lain yang bisa ditutupi dengan jas hujan.

3. Pilih jas hujan bukan terusan, yakni yang memiliki atasan dan bawahan

6 Tips Simpel Memilih Jas Hujan, Biar Perjalananmu Aman dan Nyamancanadamotoguide.com

Jika tidak sedang terdesak, sebaiknya jangan memilih jas hujan terusan. Kamu bisa memilih jas hujan yang terpisah antara atasan dan bawahannya. Penggunaan jas hujan yang terdiri dari atasan dan bawahan akan membuat perjalanan terasa nyaman meski sedang berada dalam hujan besar.

Baca Juga: Ini Pentingnya Rem ABS saat Musim Hujan, Bisa Mencegah Ban Mengunci

4. Sebaiknya hindari jas hujan model lebar (ponco)

6 Tips Simpel Memilih Jas Hujan, Biar Perjalananmu Aman dan Nyamanmyrepublica.nagariknetwork.com

Ini juga semestinya menjadi perhatian bagi para pengendara motor ketika hendak membeli jas hujan. Jangan sekali-kali memilih jas hujan jenis ponco atau yang memiliki ukuran lebar dan besar di setiap sisinya. Selain karena kurang nyaman digunakan, jas hujan yang lebar pun bisa membahayakan pengendara karena sisi-sisinya yang tertiup angin bisa masuk ke dalam ban dan menyebabkan kecelakaan.

5. Jas hujan berwarna terang lebih baik daripada yang gelap

6 Tips Simpel Memilih Jas Hujan, Biar Perjalananmu Aman dan Nyamandolfing.org

Bukan sekadar gaya-gayaan, kamu bisa juga memilih jas hujan yang memiliki warna terang. Terutama ketika mendung atau malam hari saat hujan besar, jas hujan berwarna terang akan membantu pengendara lain menyadari keberadaanmu saat berkendara. Risiko terjadinya kecelakaan yang tak diharapkan ketika suasana gelap atau hujan deras pun sudah pasti akan terhindarkan.

6. Pilih juga jas hujan yang memiliki lis (garis) yang akan menyala saat gelap

6 Tips Simpel Memilih Jas Hujan, Biar Perjalananmu Aman dan Nyamanautowise.com

Jika kamu terpaksa memilih jas hujan berwarna gelap, usahakan memilih jas yang memiliki lis atau garis di beberapa sisinya. Lis jas hujan di beberapa sisi biasanya akan otomatis menyala ketika jalan raya sudah mulai gelap atau sedang hujan besar. Meski terkesan sepele, hal tersebut harus kamu perhatikan agar keselamatan kamu selama berkendara tetap aman dan nyaman.

Meski terdengar sepele, jangan lagi sembarangan membeli dan memilih jas hujan di pasaran ya? Tetap jaga keamanan, keselamatan dan kenyamanan saat berkendara ya?

Baca Juga: 5 Bahaya Ini Selalu Mengintai Biker di Musim Hujan, Hati-hati Ya!

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya