Comscore Tracker

5 Tips Jitu Menghindari 'Penipuan Kecil' Bengkel Motor Pinggir Jalan

Waspada, bisa jadi kantong kamu jebol!

Bengkel kecil di pinggir jalan memang biasanya menjadi penolong utama saat motor yang kamu pakai mengalami masalah, entah karena ban kempis, rem kurang pakem, ban bocor, atau hal-hal ringan lain yang terjadi tanpa diduga. Namun, masalahnya, tidak semua bengkel kecil di pinggir jalan berlaku jujur, lho.

Jika kamu merupakan orang awam dalam dunia perbengkelan, kadang bengkel kecil tersebut bisa saja bermain harga atau sengaja mencari masalah lain dengan motormu. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana agar menghindari penipuan kecil yang biasanya terjadi saat kamu mampir di bengkel motor pinggir jalan.

1. Lihat suasana bengkelnya apakah ramai atau malah sepi?

5 Tips Jitu Menghindari 'Penipuan Kecil' Bengkel Motor Pinggir Jalanadvpulse.com

Hal pertama yang mesti kamu perhatikan ketika akan memperbaiki kerusakan ringan motor ialah memperhatikan suasana lingkungan bengkel. Lihat apakah bengkel tersebut ramai diminati pengendara atau malah sepi tak ada pelanggan?

Bengkel yang selalu ramai dikunjungi memang biasanya memberikan jaminan kepuasan maksimal mengenai hal-hal kerusakan ringan yang biasa terjadi di jalan raya.

2. Perluas wawasanmu dengan dasar-dasar ilmu otomotif. Paling tidak, kamu mengetahui kerusakan umum yang biasa terjadi pada motor

5 Tips Jitu Menghindari 'Penipuan Kecil' Bengkel Motor Pinggir Jalantravelzone.bestwestern.com

Meski sehari-hari pekerjaan tidak bergelut dengan dunia otomotif, paling tidak kamu perlu tahu mengenai hal-hal umum yang biasa terjadi pada fisik motor. Galilah ilmu mengenai dasar-dasar otomotif atau bertanya langsung mengenai kerusakan umum yang biasa terjadi pada fisik motor.

Jika sama sekali tak paham dasar-dasar kerusakannya, kamu bisa menjadi target korban para pelaku bisnis bengkel bodong dan abal-abal selanjutnya.

Baca Juga: Pengin Beli Motor Matic Budget Rp4 Juta? 5 Motor Ini Pilihannya!

3. Lihat gelagat si tukang bengkelnya, telaten atau asal-asalan?

5 Tips Jitu Menghindari 'Penipuan Kecil' Bengkel Motor Pinggir Jalan911bikerlaw.com

Meski tempatnya ramai, kamu juga harus waspada dengan gelagat si tukang bengkelnya. Meski sudah berpengalaman, ada sebagian kecil dari mereka yang bekerja asal-asalan dan tak mengindahkan aturan, lho.

Yang penting secara fisik kerusakan motor sudah teratasi dan uang sudah didapat, urusan perbengkelan mereka kerjakan dalam waktu singkat. Kamu tentu bisa membedakan sendiri mana tukang bengkel yang bekerja asal-asalan dan mana yang telaten bin cermat, kan?

4. Rajin-rajin merawat motor. Jangan tunggu sampai rusak

5 Tips Jitu Menghindari 'Penipuan Kecil' Bengkel Motor Pinggir Jalanoutsidepursuits.com

Pepatah lama "mencegah lebih baik daripada mengobati" tak hanya berlaku pada manusia saja, lho. Merawat motor secara telaten juga merupakan salah satu bentuk pencegahan kerusakan onderdil motornya.

Jadi, daripada bermasalah ketika motor digunakan bepergian jauh, lebih baik dirawat dengan benar agar kondisi fisik motor bisa tetap prima dalam berbagai situasi dan kondisi.

5. Jangan lupa ajak teman yang mengerti masalah tentang dunia otomotif

5 Tips Jitu Menghindari 'Penipuan Kecil' Bengkel Motor Pinggir Jalanaa.com.tr

Kamu juga bisa mengajak teman yang sudah khatam masalah dunia otomotif dan kerusakan-kerusakan umumnya. Karena kita tidak tahu kapan kerusakan motor akan terjadi, keberadaan teman bisa menjadi penolong utama saat kamu terkena masalah di jalan raya.

Namun, karena tidak selamanya kita bisa mengandalkan teman, kamu tetap perlu waspada dengan keberadaan bengkel-bengkel yang ada di setiap sisi pinggir jalan raya.

Di antara sekian banyak bengkel motor, pasti ada juga kok beberapa di antaranya yang masih amanah, jujur, dan memiliki pandangan hidup yang positif dengan menerapkan asas tolong-menolong.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama perjalanan, sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu bagian-bagian motormu dengan teliti sebelum berangkat. Selain menghindari penipuan kecil bengkel pinggir jalan saat motormu bermasalah, perjalanan kamu juga akan nyaman sehingga tak ada waktu terbuang sia-sia atau percuma.

Baca Juga: Gak Sempat ke Bengkel, Ini 5 Tips Merawat Motor Sendiri di Rumah

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya