Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Beli Motor Bekas bagi Orang Awam, Jangan Tertipu!

Perhatikan secara mendetail, ya

Seperti jamur di musim penghujan, bisnis jual beli motor semakin marak seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang murah dan mudah. Ramai dalam lapak online, bisnis jual beli motor bekas seolah tak ada matinya. Motor bekas pun dianggap jadi solusi efektif bagi orang dengan budget rendah.

Namun, membeli motor bekas tentu saja berbeda dengan membeli jeruk di pasar. Untuk kamu yang masih awam, berikut tips sederhana untuk membeli motor bekas.

1. Periksa bagian mesin dengan saksama

5 Tips Sederhana Beli Motor Bekas bagi Orang Awam, Jangan Tertipu!visordown.com

Sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas, lihat dan perhatikan bagian mesin dengan saksama. Cobalah untuk mengecek perpak motor dan baut-baut di sekitarnya.

Untuk memastikan apakah mesin masih orisinal atau pernah dibuka, periksalah warna mesin apakah masih terlihat bawaan pabrik atau sudah kusam. Hal ini penting mengingat mesin motor merupakan bagian paling penting dari kinerja motor yang akan dibeli.

2. Lihat dan raba cat bodan motor

5 Tips Sederhana Beli Motor Bekas bagi Orang Awam, Jangan Tertipu!tigitmotorbikes.com

Secara kasat mata, kamu mungkin tidak akan menemukan cacat kecil pada badan motor. Namun, untuk lebih meyakinkan, periksalah dengan meraba cat pada badan motor.

Motor yang sudah lecet karena gesekan atau terjatuh biasanya terasa kasar saat diraba. Selain itu, cat pada badan yang kusam menandakan perawatan motor tersebut kurang terjaga dengan baik.

Baca Juga: 5 Motor Touring Terbaik Buatan Pabrik Asal Jepang, Ada Apa Aja?

3. Sesuaikan nomor rangka dan mesin motor dengan surat-surat kendaraan

5 Tips Sederhana Beli Motor Bekas bagi Orang Awam, Jangan Tertipu!wikihow.com

Tak kalah penting, sesuaikan nomor rangka dan nomor mesin pada fisik motor dengan yang tertera pada surat-surat kendaraan. Meski surat-surat bisa disulap, ada berbagai cara untuk bisa memastikan apakah surat-surat tersebut sesuai dengan fisik motor atau tidak.

4. Cek semua bagian-bagian penting motor

5 Tips Sederhana Beli Motor Bekas bagi Orang Awam, Jangan Tertipu!Pixabay.com/antriksh

Selain memeriksa hal-hal penting di atas, kamu juga perlu mengecek hampir semua bagian-bagian fisik motor. Kamu bisa cek tuas perpindahan gigi, speedometer, kunci setang, lampu-lampu, rem, dan sebagainya. Mengecek secara keseluruhan bagian-bagian motor akan mencegah rasa penyesalan saat kamu sudah terlanjur membeli, namun tak sesuai dengan keinginan.

5. Tutup lubang knalpot untuk mengecek suara mesin motor

5 Tips Sederhana Beli Motor Bekas bagi Orang Awam, Jangan Tertipu!motorcyclebooking.com

Untuk memeriksa suara motor apakah masih bagus atau tidak, cukup dengan menutup lubang knalpot saat motor dihidupkan. Jika suara tersebut terdengar berisik dan mengganggu, bisa dipastikan motor tersebut sudah berada dalam kondisi yang sudah tidak sehat. Namun, jika suaranya senyap, hal ini bisa kamu jadikan pedoman untuk membelinya dengan harga yang sudah disepakati.

Ingat baik-baik tips sederhana di atas, ya, biar gak tertipu. Sekarang, jadi gak ragu untuk beli motor bekas, 'kan?

Baca Juga: Rantai Motor Mulai Rusak, Ini 4 Cara Mendeteksinya

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You