Comscore Tracker

5 Trik Simpel Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong, Anti Kusam!

Biar mulus seperti masih baru dong!

Merawat bagian-bagian penting sebuah motor tentu saja harus diimbangi dengan perawatan bodi motor. Agar warnanya tetap kinclong dan anti kusam, kamu wajib melakukan pemeliharaan bodi motor secara rutin dan teratur. Selain bisa meningkatkan kepercayaan diri penggunanya, bodi motor yang terawat dengan baik akan membuat motor tetap awet dan tampak terlihat seperti baru.

Untuk menjaga agar bodi motor tetap kinclong, simak beberapa tips sederhana di bawah ini ya?

1. Debu dan kotoran yang melekat pada bodi harus segera dibersihkan secara rutin

5 Trik Simpel Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong, Anti Kusam!Freepik.com

Baik musim panas atau hujan, bodi motor merupakan bagian yang biasanya paling rentan terkena kotoran. Debu, lumpur, cipratan, adalah beberapa kotoran yang akan melekat sempurna jika tidak segera dibersihkan. Membersihkan bodi motor dari kotoran dan debu tentu saja akan membuat bodi motor tetap terlihat kinclong dan terawat.

2. Jangan menyalip kendaraan lain ketika berada di jalan raya dan selalu hati-hati berkendara

5 Trik Simpel Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong, Anti Kusam!.lazymotorbike.eu

Terutama ketika sedang berada di jalan raya yang dipenuhi kendaraan, jangan sekali-kali menyalip kendaraan lain meski sedang terburu-buru ya? Selain karena bisa berpotensi mengalami kecelakaan, bodi motor juga biasanya akan rentan tergesek dengan kendaraan lain sehingga mengakibatkan lecet-lecet di beberapa bagiannya.

Baca Juga: 5 Tips Simpel Merawat Shockbreaker Motor, Biar Ayunan Lebih Empuk

3. Hindari menggunakan zat kimia untuk memoles bodi motor, gunakan pemoles khusus cat motor

5 Trik Simpel Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong, Anti Kusam!motorcyclenews.com

Jangan karena ingin bodi motor terlihat kinclong, kamu memolesnya dengan cairan kimia yang berpotensi merusak permukaannya. Untuk menjaga kekinclongannya, kamu harus menggunakan cairan pemoles khusus untuk cat motor untuk menjaga keawetannya. Kamu tentu tidak ingin cat di bodi motor kamu terkelupas dan bared-bared bukan?

4. Pilih tempat parkir yang memiliki kap dan jauh dari jangkauan matahari

5 Trik Simpel Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong, Anti Kusam!forum.thaivisa.com

Tak hanya melakukan perawatan fisik, kamu juga perlu melakukan perawatan bodi motor dengan memilih tempat parkir yang aman. Jangan sekali-kali menempatkan motor di parkiran liar yang berpotensi merusak bodi motor karena digeser-geser sembarangan oleh tukang parkir. Pilihlah tempat parkir resmi yang memiliki kap sehingga bodi motor kamu terlindung dari sinar matahari yang bisa membuat bodi motor terlihat kusam.

5. Jangan terlalu banyak menempel bodi motor dengan berbagai skotlet, stiker, dan sejenisnya

5 Trik Simpel Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong, Anti Kusam!juzzwheelzz.com.sg

Nah, ini nih yang biasanya dilakukan banyak generasi millennials kepada bodi motornya. Dengan alasan gaul atau variasi, mereka biasanya akan menempelkan beragam stiker, skotlet, dan bahan-bahan lain yang berpotensi merusak bodi motor. Memang sih bagi sebagian orang hal tersebut dianggap indah karena bernilai seni. Namun, penggunaan stiker dan skotlet yang berlebihan akan membuat bodi motor rusak.

Jadi, jangan tunggu bodi motor kusam untuk melakukan perawatannya ya? Bodi motor yang bersih biasanya mencerminkan hati dan karakter pemakainya lho!

Baca Juga: 5 Komponen Motor yang Harus Diperhatikan Saat Memasuki Musim Kemarau

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You