Comscore Tracker

Kawasaki Stockman vs Suzuki V-Strom, Mana Lebih Tangguh?

Bersaing di pasar motor trail Indonesia

Jakarta, IDN Times - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan motor trail terbarunya, yakni Kawasaki Stockman. Motor ini digadang-gadang akan bersaing dengan Suzuki V-Strom yang sudah terlebih dahulu diperkenalkan pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) November lalu.

Tentunya kehadiran kedua motor tersebut akan menambah daya saing pada pasar motor trail di Indonesia. Lalu siapa yang lebih tangguh bila kedua motor tersebut disandingkan? Bagi yang kepo, yuk simak ulasannya.

1. Mesin Suzuki V-Strom lebih oke

Kawasaki Stockman vs Suzuki V-Strom, Mana Lebih Tangguh?IDN Times/Dwi Agustiar

Berbicara soal dapur pacu tentunya kedua motor trail ini dibekali dengan mesin yang mumpuni dalam menerjang berbagai medan. Kawasaki Stockman berbekal mesin 233cc satu silinder SOHC 2-katup dengan pendingin cairan. Dengan mesin tersebut dapat memuntahkan tenaga puncak hingga 19 Ps pada 7.600 dan torsi maksimum 19,8 Nm pada 6.100 rpm.

Nah, untuk Suzuki V-strom bisa dikatakan motor tersebut memiliki mesin yang lebih oke. Dengan mesin 250cc, motor ini dapat menghasilkan tenaga hingga 26,5 Ps pada 9.300 rpm dan torsi puncak hingga 22,2 Nm pada 7.300 rpm.

Baca Juga: Kawasaki Luncurkan Motor Trail Tangguh Stockman, Harganya Rp57,5 Juta

2. Fitur-fitur

Kawasaki Stockman vs Suzuki V-Strom, Mana Lebih Tangguh?Panel instrumen Kawasaki Stockman (dok. KMI)

Selain mesin yang tangguh, Kawasaki Stockman juga memiliki fitur-fitur unggulan. Mulai dari penggunan roda depan 21 inci dan belakang 18 inci dengan ban enduro, bodywork ramping dan desain jok datar dan lampu depan yang besar dan terang dengan bohlam 60/55 W, ditambah motor ini juga disajikan dalam warna yang eye catching yakni Olive Green.

Sementara untuk Suzuki V-Strom SX 250, menggunakan kombinasi roda dengan ukuran depan belakang 19 inci dan 17 inci dengan ground clearance 205 mm serta tinggi jok 835 mm. Motor ini juga memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 12 liter.

Suzuki V-Strom juga didukung teknologi pendinginan Suzuki Oil Cooling System (SOCS) yang diklaim memberikan impresi performa dan durabilitas yang tinggi. Teknologi SOCS membuat total bobot mesin menjadi lebih ringan, sehingga berpengaruh pada kemampuan manuver yang mudah bahkan pada kecepatan tinggi.

3. Berbeda dengan Kawasaki, Suzuki V-Strom baru dijual April 2023

Kawasaki Stockman vs Suzuki V-Strom, Mana Lebih Tangguh?Desain Kawasaki Stockman 2023 (dok. KMI)

Dengan berbagai fitur dan spesifikasi Kawasaki Stockman, KMI menawarkan Stockman dengan harga Rp57,5 juta off the road. Dan bagi konsumen yang melakukan pemesanan akan mendapatkan unitnya pada awal Desember 2022 ini.

Lain halnya dengan Suzuki V-Strom, walau bisa dipesan pada ajang IMOS November lalu, namun konsumen baru dapat mendapatkan motor tersebut pada April 2023 mendatang. Untuk harganya, motor adventure ini dibanderol dengan harga Rp60 Jutaan Off The Road.

Baca Juga: Motor Bebek Kawasaki ZX130, Baby Ninja yang Kini Dibanderol Rp3 Jutaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya