Comscore Tracker

Rayakan Ultah Vespa ke-73, Jakarta Jadi Lautan Vespa

Dua ribu pencinta Vespa ikut konvoi keliling Jakarta

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka perayaan hari ulang tahun Vespa yang ke-73, komunitas Vespa menggelar acara bertajuk "Indonesia Vespa Days 2019". Acara tersebut dimulai dengan sunday morning ride yang diikuti dua ribu-an peserta yang berkonvoi keliling Jakarta. Inisiator kegiatan Indonesia Vespa Day, Bambang, mengungkapkan cukup senang melihat antusiasme para penggemar motor skuter asal Italia tersebut.

1. Indonesia Vespa Day sudah digelar sebanyak 12 kali

Rayakan Ultah Vespa ke-73, Jakarta Jadi Lautan VespaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahun. Biasanya, kata dia, agenda ini dilakukan setiap memperingati hari jadi Vespa. Dan, kegiatan ini sudah terselenggara sejak tahun 2006 lalu.

"Acara ini dalam rangka merayakan ulang tahun Vespa, acara ini juga sudah kami galang sejak tahun 2006, dan terhitung Indonesia Vespa Day kali ini adalah yang ke-12 kalinya," kata Bambang kepada awak media di Arkadia Green Park, Jakarta Selatan, Minggu (29/4).

Baca Juga: Tunggangi Vespa Klasik, Anies Baswedan Konvoi Keliling Jakarta

2. Indonesia Vespa Day dibuat komunitas untuk komunitas

Rayakan Ultah Vespa ke-73, Jakarta Jadi Lautan Vespa

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini dibuat oleh komunitas sendiri, dirinya mengaku hanya mengatur rekan-rekan komunitas untuk menyelenggarakan Indonesia Vespa Day. Sebab, lanjut dia, acara tersebut adalah kepunyaan semua anak-anak pencinta Vespa.

"Memang biasanya, ini (Indonesia Vespa Day) di-set up secara informal. Hal itu agar teman-teman gak ada gap untuk berpartisipasi di acara ini. Jadi tak kita set up profesional, takutnya merek nanti kurang nyaman gak bisa masuk, acaranya dibikin dari komunitas untuk komunitas Vespa," ujar dia lagi.

Turut hadir dalam Indonesia Vespa Day 2019, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang ditemani oleh anak bungsunya, Ismail. Pria berusia 49 tahun itu berangkat dari kediamannya di bilangan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, menggunakan Vespa Sprint tahun 1968 berwarna silver.

3. Vespa Primavera lebih mudah dikendalikan

Rayakan Ultah Vespa ke-73, Jakarta Jadi Lautan Vespattrno.com

Selain itu, IDN Times pun mendapatkan kesempatan untuk mencoba Vespa Primavera teranyar saat sunday morning ride bersama ribuan pengendara Vespa lainnya yang memulai konvoi di MotoVillage, Kemang, kemudian menuju Jalan Pangeran Antasari, lalu belok ke Jalan RA Kartini, putar balik di Cilandak Town Square, dan menyusuri Jagakarsa, hingga berakhir di Arkadia Green Park.

Secara keseluruhan, motor ini nyaman untuk dikendarai. Handling saat dikendarai cenderung stabil, walau terbilang cukup tinggi. Vespa Primavera ini tetap mudah dikendalikan karena posisi setir yang tinggi juga membuat pengendara nyaman dan badan bisa lebih tegak dalam mengendarainya.

Selain itu, mesin terasa lebih halus. Mungkin, karena Vespa Primavera ini sudah menggunakan mesin i-Get (Italian Green Experience Technology), sehingga suara mesin cenderung tidak berisik dan tak ada lagi getaran yang biasanya terasa di bagian CVT.

4. Vespa juga perkenalkan beberapa varian baru di acara Indonesia Vespa Day

Rayakan Ultah Vespa ke-73, Jakarta Jadi Lautan VespaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kegiatan Indonesia Vespa Day kali ini sendiri, didukung langsung oleh PT. Piaggio Indonesia. Mereka sudah empat kali berpartisipasi dalam acara Indonesia Vespa Day sejak 2016 lalu.

Hal tersebut dilakukan guna memperkuat Premiumization Roadmap Strategy tahun 2019, yaitu dengan merangkul komunitas Vespa yang ada di Indonesia.

Di acara ini juga, PT. Piaggio Indonesia memperkenalkan produk unggulan terbarunya, yaitu Vespa Sprint 150 i-get ABS dan Vespa Primavera 150 i-get ABS serta Vespa Sprint Notte limited edition yang cukup membuat para peserta yang hadir tergoda untuk membelinya.

Baca Juga: Konvoi di IVD 2019, Anies: Pemilik Vespa Gunakan Kendaraan dengan Rasa

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya