Comscore Tracker

Terdampak COVID-19, Begini Jurus Piaggio Mendongkrak Penjualan

Dari promo hingga layanan after sales

Jakarta, IND Times - Wabah virus corona atau COVID-19 memukul banyak sektor, termasuk otomotif. Bahkan pabrikan otomotif legendaris asal Italia, Piaggio, pun ikut merasakan dampaknya.

"Lumayan terasa bagi kami. Apalagi kami perusahaan yang produknya CBU (diimpor dalam keadaan utuh)," kata PR Communications Manajer PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal, dalam acara Live Instagram dengan tema 'Strategi Piaggio Indonesia di Tengah Wabah COVID-19: Vespa Bisa Apa?' bersama IDN Times yang berlangsung Jumat (19/6).

Robby mengatakan Vietnam dan Italia terkena dampak virus corona lebih dulu dari Indonesia. Padahal dari kedua negara itulah pasokan motor Piaggio, seperti Vespa, berasal.

"Khususnya unit dari Italia," kata Robby.

Dilansir dari Ride Apart, beberapa pabrikan motor di Italia, seperti Ducati, MV Agusta, dan Group Piaggio (termasuk Moto Guzzi, Aprilia, dan Vespa), harus membekukan aktivitas mereka akibat virus corona.

1. Piaggio menggulirkan program Live More with A New Start

Terdampak COVID-19, Begini Jurus Piaggio Mendongkrak PenjualanPiaggio Indonesia

Piaggio Indonesia pun kemudian melakukan berbagai cara untuk bertahan di tengah pandemik ini, salah satunya dengan memberikan promosi. Cara ini dinilai efektif untuk menarik pembeli ketika situasi sedang kurang baik.

Piaggio Indonesia antara lain menggulirkan program “Live More with A New Start” dari 1 hingga 30 Juni 2020 dengan berbagai penawaran khusus di semua diler Resmi Piaggio Vespa di seluruh Indonesia.

Tawaran menggiurkan tersebut berupa voucer eksklusif senilai hingga Rp5,5 juta. Tak hanya itu, setiap pembelian Piaggio Medley dan Vespa juga akan mendapatkan satu unit Vespa Genuine Helmet.

2. Memaksimalkan program after sales

Terdampak COVID-19, Begini Jurus Piaggio Mendongkrak PenjualanIDN Times/Muhammad Imam Birawa

Robby mengatakan program “Live More with A New Start” mendapat sambutan sangat baik dari masyarakat, terutama pencinta Vespa.

"Promosi kali ini cukup berpengaruh dan sangat terasa ke penjualan kami bulan ini," kata Robby. Hanya saja ia tak menyebutkan secara detail berapa unit Vespa yang terjual dalam program "Live More with A New Start". 

Robby mengatakan, selain program "Live More with A New Start", pihaknya juga memberikan after sales selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kami punya promo free chek up dengan PADS, computer cheking dan dilakukan secara free, untuk melihat kondisi vespa yang sudah tak digunakan konsumen selama pandemik," kata Robby.

3. Beli Vespa kini bisa secara online

Terdampak COVID-19, Begini Jurus Piaggio Mendongkrak PenjualanIDN Times

Selain itu, Robby melanjutkan, Piaggio Indonesia juga mulai melakukan penjualan secara online melalui website mereka sendiri. Bahkan, beberapa dealer juga telah menjual produk-produk Piaggio melalui market place. Strategi ini dinilai bisa lebih mendekatkan Piaggio dan dealer dengan konsumen.

"Langkah awal memiliki Vespa langsung melalui website kami. Kelebihannya sendiri kalau booking lebih dulu melalui flatform yang kami miliki, akan ada voucher tambahan untuk belanja apparel dari kami," katanya.

Baca Juga: Beli Vespa Dapat Voucer Rp5,5 Juta, Berlaku hingga 30 Juni 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya