Comscore Tracker

Tips Aman Mudik dengan Skuter Tapi Tetap Kece

Semoga tips ini dilakukan ya guys

Jakarta, IDN Times - Mudik sudah jadi tradisi yang kerap kali dilakukan masyarakat Indonesia setiap Lebaran, tak terkecuali pada Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Banyak alternatif yang bisa jadi pilihan pemudik untuk sampai ke kampung halamannya. Bisa dengan transportasi umum seperti bis, kereta, pesawat, atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi seperti, mobil dan sepeda motor.

Bagi yang menggunakan sepeda motor, tak sedikit pula yang menggunakan skuter. Tentu ada hal bisa menambah pengalaman baru saat mudik.

Bagi yang menggunakan skuter untuk mudik, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik, demi keselamatan berkendara selama perjalanan.

Berikut tips mudik aman dan nyaman berkendara dengan skuter favorit kamu:

1. Perhatikan kondisi skuter secara menyeluruh

Tips Aman Mudik dengan Skuter Tapi Tetap Keceinstagram.com/padmanaba.honda

Pastikan kondisi skuter kamu dalam keadaan prima dan optimal sebelum digunakan mudik untuk jarak jauh. Jangan lupa mengecek mesin, oli, tekanan angin ban, lampu LED depan dan belakang, spion, hingga kanvas rem depan dan belakang.

Baca Juga: 2 Pemudik Tewas Akibat Minibus Terjun ke Irigasi di Tol Pekalongan

2. Gunakan perlengkapan berkendara yang nyaman, aman, namun tetap gaya

Tips Aman Mudik dengan Skuter Tapi Tetap KeceConsumerreports

Untuk yang akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan skuter, disarankan menggunakan helm full face. Selain itu, pengendara sebaiknya mengenakan jaket yang memiliki protector dengan ventilasi yang aman untuk pengendara.

Jangan lupa, kenakan sarung tangan untuk melindungi tangan kamu dari sengatan sinar matahari di siang hari, dan angin malam saat berkendara di malam hari. Sarung tangan juga bisa melindungi tangan kamu jika terjatuh.

Selain itu juga, sebaiknya kamu menggunakan sepatu tertutup untuk melindungi kaki, sehingga berkendara jauh terasa lebih nyaman, sertapastikan menggunakan kaus kaki yang cukup tebal namun nyaman. Tak lupa juga memakai outfit favorit kamu, agar perjalanan mudik tetap penuh gaya.

3. Selalu berkendara dengan kecepatan standar dan jangan lupa istirahat

Tips Aman Mudik dengan Skuter Tapi Tetap Kecescooterlab.uk

Sebaiknya hindari memacu skuter terlalu kencang, terutama saat melewati kondisi jalan rusak, banyak tikungan, atau rawan kecelakaan. Kemudian, selalu perhatikan dan patuhi rambu lalu lintas sepanjang perjalanan mudik kamu.

Usahakan beristirahatlah ketika sudah merasa lelah, dan jangan memaksakan diri terus melakukan perjalanan. Berhentilah di rest area untuk beristirahat dan mengecek kendaraan skuter kamu.

Selain istirahat penting juga kita, skuternya pun perlu istirahat, loh.

4. Siapkan jalur alternatif dan jangan membawa barang berlebihan

Tips Aman Mudik dengan Skuter Tapi Tetap KeceANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj

Disarankan bagi pengendara sudah menyiapkan jalur alternatif dan tidak membawa barang berlebihan, agar keseimbangan kendaraan dapat tetap terjaga dengan baik. Dengan demikian, selain nyaman di jalan juga mengurangi rawan kecelakaan saat perjalanan mudik.

Nah, kamu sudah siap mudik belum!?

Baca Juga: H-3 Lebaran, 47.128 Pemudik dan Pendatang Padati Stasiun Gambir

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You