Comscore Tracker

Motor Mogok karena Busi Basah? Begini Cara Mengatasinya

Cewek aja pasti bisa praktekinnya!

Jakarta, IDN Times - Banyak faktor yang bisa menyebabkan motor tiba-tiba motok atau tidak mau hidup, salah satunya karena busi basah. Busi bisa basah karena terpapar air hujan atau genangan air.

Tapi tahu gak sih kalau busi yang basah sebenarnya bisa diperbaiki sendiri tanpa perlu membawa motor ke bengkel. Caranya pun mudah banget. Begitu step by stepnya.

1. Lepas busi dari tempatnya

Motor Mogok karena Busi Basah? Begini Cara Mengatasinyaardiantoyugo.com

Seperti disebut di awal, setelah melewati banjir atau luapan air, kemungkinan motor bakal mogok dan kemungkinan besar ini karena busi basah. Untuk itu, setelah melewati jalanan basah maka lepas segera busi dari tempatnya dan jangan lupa tutup lubang busi di mesin dengan kain bersih yang kering.

 

2. Segera lap busi dengan lap kering bersih

Motor Mogok karena Busi Basah? Begini Cara Mengatasinyahargaupdate.com

Jika sudah di lepas dan kamu tutup lubang tempat meletakkan busi di mesin, maka segera lap busi terutama bagian eletrodanya dengan kain kering yang bersih. Bisa juga, kamu meniup busi yang basah agar mempercepat proses pengeringan.

3. Kalau busi sudah kering, sikat permukaan busi

Motor Mogok karena Busi Basah? Begini Cara Mengatasinyamodifmodifyuk.com

Nah, kalau busi sudah kering maka gunakan sikat gigi atau ampelas halus untuk membersihkan ujung elektroda atau kepala busi. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel, yang diketahui kerap menyebabkan kerja busi jadi gak maksimal.

4. Sebelum dipasang, lakukan pembersihan lagi terutama di bagian lubang

Motor Mogok karena Busi Basah? Begini Cara Mengatasinyaduniamotor1.com

Jadi, sebelum busi kembali dipasang lakukan pembuangan uap air yang mungkin masih ada di mesin terutama lubang busi. Caranya adalah jangan mencabut dulu kain yang digunakan untuk menutup lubang busi, kemudian starter motor secara manual dengan kick starter dalam kondisi kunci off. Lakukan berulang sampai kamu yakin lubang sudah bersih dari air.

Nah, jika sudah yakin bersih dan kering dari air maka pasang lagi busi ketempatnya semula dan cobalah untuk menyalakan. Gimana, mudah bukan?

Baca Juga: Waspada! 4 Tanda Busi Motor Sudah Harus Diganti 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya