Comscore Tracker

5 Negara Ini Punya Jalur Khusus Sepeda yang Unik Banget

Apakah Indonesia termasuk?

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 membuat banyak orang beralih ke sepeda. Sebab bersepeda dinilai lebih sehat dan lebih menyenangkan dibandingkan naik sepeda motor atau bahkan mobil.

Sayangnya gak banyak fasilitas yang disediakan pemerintah buat goweser. Memang ada jalur khusus sepeda, tapi jumlahnya sangat minim. Jalur-jalur khusus sepeda tersebut juga kerap diserobot pedagang kaki lima atau jadi parkiran abang ojek. 

Padahal fasilitas yang memadai akan membuat populasi goweser bertambah. Dengan begitu polusi bisa ditekan dan penggunaan bahan bakar minyak bisa dipangkas. Pemerintah bisa mencontoh negara-negara lain yang memanjakan goweser dengan beragam fasilitas yang menggiurkan.

Nah, berikut negara-negara yang memiliki jalur khusus buat sepeda.

1. Jerman

5 Negara Ini Punya Jalur Khusus Sepeda yang Unik BangetUnsplash/Thomas Loizeau

Jerman dikenal sebagai negara dengan banyak jalan highway atau autobahn. Kamu bisa memacu mobilmu di jalan-jalan tersebut. Tapi pemerintah di sana juga menyiapkan jalan tol khusus buat sepeda. Jalan tol ini membentang sepanjang 100km dengan nama Bicycle Superhighway.

Jalan tol khusus sepeda ini menghubungkan 10 kota bagian barat Jerman, termasuk Duisburg, Bochum, dan Hamm. Jalan ini juga terhubung ke empat universitas besar di Jerman.

Selain menghubungkan banyak kota, jalur ini bisa menghubungan negara lain di sekitar Jerman, seperti Denmark (22km antara Kopenhagen dan Albertslund), Belanda (7km antara Breda dan Etten-Leur). 

Baca Juga: Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!

2. Denmark

5 Negara Ini Punya Jalur Khusus Sepeda yang Unik BangetIlustrasi Bersepeda di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/The Yomiuri Shimbun)

Pemerintah Kota Kopenhagen sempat merasa kesulitan mengatasi kemacetan sepeda yang terjadi setiap hari. Kemacetan ini biasa terjadi di jalanan utama Noerrebrogade yang biasa dilalui oleh sekitar 36 ribu pengendara sepeda setiap hari.

Pemerintah setempat akhirya membuat jalan tol khusus bagi pengendara sepeda sepanjang 400 km yang tersebar di setiap sudut dan semuanya dan saling terhubung. Termasuk di antaranya adalah jalur khusus bebas hambatan yang dinamakan cycle superhighway.

Jalur ini terpisah dari jalan raya, melintasi taman dan perumahan, serta nyaris tanpa persimpangan yang mengharuskan pesepeda untuk berhenti. Jalur-jalur sepeda bebas hambatan ini juga dilengkapi Cykelslangen atau disebut juga The Bicycle Snake. Ini adalah jalan layang khusus pesepeda yang sangat efektif memangkas waktu tempuh.

3. China

5 Negara Ini Punya Jalur Khusus Sepeda yang Unik BangetUnsplash/Nikita rud

Siapa pun pencinta sepeda pasti akan sangat dimanjakan ketika berkunjung ke Xiamen, China. Pasalnya, di negara tirai bambu ini sudah menyediakan sebuah jalur sepeda. Ruas jalan ini menghubungkan 5 daerah pemukiman dan 3 distrik bisnis.

Menariknya lagi, rute sepeda ini berada di 16 kaki atau sekitar 4,9 meter dari permukaan tanah. Sehingga memungkinkan pengendara sepeda untuk menghindari kemacetan.

Jalur sepeda ini membentang sepanjang 6,5 km dirancang oleh Xiamen City Public Bicycle Management yang mampu menampung lebih dari 2000 pengendara sepeda. Namun, bagi pesepeda yang mengakses jalur ini harus mematuhi batas kecepatan maksimal, yakni 24 km per jam. Selain itu jalur ini hanya dibuka sejak 6.30 hingga 22.30.

Hmm..Jakarta kapan ya punya jalan tol khusus sepeda?

Baca Juga: [FOTO] Yuk Intip Sepeda-sepeda Selebritas, Gak Semua Pakai Brompton! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya