Comscore Tracker

Jangan Asal Memilih Sadel Sepeda, Perhatikan 4 Hal Ini

Salah memilih sadel bikin gowes gak nyaman

Jakarta, IDN Times - Salah satu bagian terpenting pada sepeda yang perlu kalian ketahui adalah sadel atau tempat duduk. Tempat duduk pada sepeda ini berfungsi untuk menopang badan ketika sedang bersepeda. Banyak jenis dan merek sadel tersedia saat ini. Karena itulah pesepeda harus bisa memilih sadel yang tepat dan nyaman saat digunakan.

Cukup banyak pesepeda yang berpengalaman mencoba beberapa jenis dan merek sadel sampai mendapatkan sadel yang benar-benar tepat. Memang, dalam memilih sadel membutuhkan kecermatan dan waktu yang tak sedikit. Nah, untuk memudahkan dalam memilih sadel sepeda, sebaiknya simak tipsnya berikut ini.

1. Amati ukuran penampang sadel

Jangan Asal Memilih Sadel Sepeda, Perhatikan 4 Hal Iniunsplash.com/Tower Electric Bikes

Sadel memiliki ukuran lebar yang berbeda-beda, demikian juga dengan lebar bokong setiap orang. Bergantung pada lebar bokong pengendara sepeda, pilihlah sadel yang bisa menopang bokong secara keseluruhan.

Dengan memilih sadel yang pas sesuai ukuran bokong kalian, akan memberikan kenyamanan terutama ketika bersepeda jarak jauh selama mengayuh.

Baca Juga: Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!

2. Pilih pembungkus sadel yang tepat

Jangan Asal Memilih Sadel Sepeda, Perhatikan 4 Hal Iniunsplash.com/Scott Webb

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kenyamanan saat bergowes. Salah satunya pembungkus sadel. Kalian bisa memilih pembungkus sadel bermaterial sintetik dan kulit. Material pembungkus sadel yang mudah kering bila terkena keringat.

Perhatikan juga bagian jahitan pada sadel. Usahahakan jahitannya rapat, kuat, dan rapat. Hal ini penting untuk diperhatikan jika dipasangkan pada sepeda jenis MTB. Sepeda MTB rawan mengalami benturan sehingga pembungkus sadel harus benar-benar kuat.

3. Memilih padding sadel sepeda

Jangan Asal Memilih Sadel Sepeda, Perhatikan 4 Hal Iniunsplash.com/Markus Spiske

Bagian satu ini juga wajib banget diamati bagi pesepeda ketika memilih sadel. Lapisan daging pada sadel, saat ini cukup beragam, mulai dari karet busa, gel, plastik lunak, foam, serat karbon, udara, sampai polyurethane foam yang dicampur dengan gel polymer.

Salah satu jenis padding yang banyak dicari adalah padding berbahan empuk. Mulai sekarang, gantilah ke Padding gel. Bahan ini menjadi pilihan menarik. Selain tidak panas dan tidak merasa sakit di pantat dibanding dengan bahan busa, gel sangat lentur dan tidak terlalu empuk.

Untuk itu, pastikan tingkat keempukan padding sadel dengan cara mencoba sadel terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Menyesuaikan sadel dengan jarak perjalanan

Jangan Asal Memilih Sadel Sepeda, Perhatikan 4 Hal Iniunsplash.com/Martin Magnemyr

Ada beberapa jenis sadel yang nyaman digunakan untuk jarak dekat namun tidak cocok dipakai untuk bersepeda jarak jauh. Penggunaan jarak jauh, sebaiknya perhatikan mengenai ketebalan padding dan juga keberadaan V channel. Posisi V channel adalah bagian penting yang harus di cek pada area sedel sepeda kalian

Bagian ini memang sengaja diciptakan untuk mengantisipasi munculnya kesemutan di area sensitif. Sebelum kalian bergowes, pastikan V channel berada dalam kondisi baik sehingga perjalanan lo berlangsung nyaman. Okay?

Baca Juga: Unik Banget, Desain Sepeda-sepeda Ini Bikin Geleng Kepala   

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya