Comscore Tracker

4 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Mencuci Sepeda, Sudah Tahu? 

Mencuci sepeda juga ada kaidahnya, lho

Jakarta, IDN Times - Mencuci sepeda gak hanya akan membuatnya terlihat lebih kinclong, tapi juga bisa bikin awet komponen-komponennya. Tapi jangan asal mencuci, ya.

Sebab ada beberapa hal yang harus kamu hindari saat mencuci sepeda. Nah, berikut empat hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat mencuci sepeda kesayanganmu, ya!

1. Jangan mencuci sepeda dengan posisi terbalik

4 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Mencuci Sepeda, Sudah Tahu? flickr.com/Elliott Brown

Teknik membalikkan sepeda saat mencucinya bertujuan agar lebih mudah menjangkau bagian-bagian sepeda yang sulit dijangkau ketika sepeda di posisi berdiri.

Namun, membalikkan sepeda ternyata meningkatkan risiko goresan atau baret pada bagian sepeda seperti jok dan handlebar. 

Jika ingin mencuci sepeda dengan mudah, goweser bisa meninggalkan teknik ini dan beralih ke mencuci sepeda dengan menggunakan standar sepeda atau menyandarkannya ke dinding.

2. Hindari penggunaan semprotan air bertekanan tinggi

4 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Mencuci Sepeda, Sudah Tahu? nlbcorp.com

Menggunakan semprotan air bertekanan tinggi seperti yang digunakan untuk membersihkan mobil atau motor dilihat lebih cepat untuk membersihkan sepeda.

Namun, menggunakan semprotan air tekanan tinggi untuk mencuci sepeda bisa menyebabkan masalah pada bagian tertentu di sepeda. Terlebih ketika semprotan ini diarahkan ke bagian-bagian yang rentan, seperti suspensi dan bearing.

Supaya lebih aman, baiknya gunakan teknik mencuci dengan air, spons, dan sabun seperti biasa.

3. Jangan asal menggunakan produk pembersih

4 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Mencuci Sepeda, Sudah Tahu? flickr.com/Dave O

Perhatikan kandungan kimia yang dalam produk pembersih yang digunakan untuk mencuci sepeda. Ketahuilah bahwa bahan logam dan karet di sepeda memiliki sensitivitas terhadap zat kimia yang berbeda 

Misalnya menggunakan sabun berbahan dasar deterjen dapat menimbulkan reaksi buruk pada aluminium yang menyebabkan kerusakan pada komponen berbahan tersebut seiring waktu.

4. Jangan hanya mengandalkan satu spons saja

4 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Mencuci Sepeda, Sudah Tahu? flickr.com/Marco Verch Professional Photographer and Speaker

Satu spons saja ternyata tidak cukup untuk mendapatkan hasil pencucian yang optimal. Baiknya, setidaknya goweser menggunakan dua spons berbeda untuk proses pencucian. 

Satu spons untuk bagian ‘bersih’ seperti rangka, fork, dan roda. Spons satunya lagi digunakan untuk membersihkan bagian berminyak atau kotor seperti rantai, crankset, dan puli pemindah gigi.

Menggunakan satu spons saja secara terus menerus justru mentransfer kotoran dari satu bagian ke bagian lain. Selain spons goweser juga bisa menambahkan alat bersih-bersih seperti sikat agar hasilnya lebih optimal. 

So, selamat mencuci!

Baca Juga: 6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya