Comscore Tracker

4 Tips Sederhana Mengecek Sepeda, Lakukan Sebelum Gowes Ya!

Gak rumit dan gak perlu waktu lama juga

Jakarta, IDN Times - Sebelum mulai menggowes, sebaiknya sempatkan diri dulu untuk mengecek sepedamu biar gak ada masalah di tengah jalan nanti. Mengecek sepeda itu gak rumit dan gak memerlukan waktu lama, kok.

Selain itu kamu juga bisa melakukannya sendiri dan gak perlu alat khusus juga. So, berikut empat tips sederhana mengecek sepeda yang sebaiknya kamu lakukan setiap kali akan bersepeda.

1. Periksa roda sepeda

4 Tips Sederhana Mengecek Sepeda, Lakukan Sebelum Gowes Ya!IDN Times/Meiska Irena

Sebelum menggowes, sempatkan untuk mengecek tekanan ban depan dan belakang dengan cara memijat-mijat kecil permukaan ban tersebut. 

Jika kamu merasa ada yang janggal dari hasil cek tekanan, periksa ban dan tapaknya dengan memutar roda secara perlahan untuk melihat apakah ada pecahan kaca, duri, paku, atau objek tajam serupa.

Selain itu, periksa juga apakah pelek menunjukkan tanda-tanda aus. Ini bisa dilakukan dengan memutar roda. Kondisi yang baik ditandakan dengan putaran yang mulus. 

Jika selama berputar roda bergesekan dengan kaliper rem atau terlihat goyah, berarti ada masalah. Periksa juga jari-jari pada pelek dengan cara menekan dua jari-jari secara lembut dan bersamaan. 

2. Periksa sistem pengereman

4 Tips Sederhana Mengecek Sepeda, Lakukan Sebelum Gowes Ya!IDN Times/Meiska Irena

Tahan setang sepeda sambil gunakan rem depan dan belakang secara bergantian, kemudian dorong ke depan. Roda belakang harusnya terangkat saat ini dilakukan. Pastikan juga kaliper rem dan bantalan rem berfungsi  dengan baik. 

Sembari mengecek pengereman, cek juga bagian headset untuk melihat apakah ada goyangan tanpa pemicu. Jika ya, kencangkan baut-bautnya, tapi jangan berlebihan. 

3. Periksa kerangka, crankset, dan seatpost

4 Tips Sederhana Mengecek Sepeda, Lakukan Sebelum Gowes Ya!IDN Times/Meiska Irena

Lakukan pemeriksaan visual untuk melihat adanya retakan atau tanda kerusakan lainnya. 

Pada bagian crankset, periksa untuk melihat goyangan tidak biasa di bagian bottom bracket. Pedal sepeda juga dicek untuk memastikan berputar dengan lancar.

Untuk seatpost, pastikan juga bautnya terpasang dengan tepat. Jika harus dikencangkan, jangan melakukannya dengan berlebihan. Hal yang serupa juga dilakukan pada bagian klem sadel.

4. Periksa persneling

4 Tips Sederhana Mengecek Sepeda, Lakukan Sebelum Gowes Ya!unsplash.com/Wayne Bishop

Dengan persneling, cek apakah rantai lompat saat mengganti persneling. Jika ini terjadi, coba setel kembali kalau kamu mengerti caranya. Kalau tidak, jangan ragu untuk membawa sepeda ke bengkel.

Sudah dicek semua, sekarang yuk gowes!

Baca Juga: 5 Tips Merawat Sepeda Ontel, Biar Aura Klasiknya Gak Memudar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya