Comscore Tracker

5 Skuter Matik Suzuki Ini Harga Bekasnya Cuma Rp5 Jutaan  

Padahal desain dan build quality-nya jempolan, lho

Jakarta, IDN Times - Motor matik kini memang mendominasi pasar roda dua. Namun hanya dua pabrikan saja yang merasakan gurihnya ceruk pasar ini, yakni Honda dan Yamaha. Sementara pabrikan lain tak bisa berbuat banyak.

Kawasaki, misalnya, sengaja tak menelurkan motor matik karena tak kuasa melawan dominasi Honda dan Yamaha. Mereka memilih fokus pada motor-motor sport, dual purpose, dan klasik. Sementara Suzuki kini hanya punya dua motor matik, yakni Address dan Nex II.

Padahal skuter-skuter matik Suzuki gak kalah berkualitas dibandingkan keluaran Yamaha dan Honda. Bahkan build up kualiti produk mereka di atas para pesaingnya. Tapi penetrasi skutik-skutik Suzuki di pasar tanah air tak semoncer Honda dan Jepang.

Nah, berikut motor matic Suzuki yang telah pensiun namun masih banyak diburu di bursa motor bekas/second.

1. Suzuki Spin

5 Skuter Matik Suzuki Ini Harga Bekasnya Cuma Rp5 Jutaan  id.wikipedia.org

Suzuki memperkenalkan Spin pada 2006. Hingga akhir produksinya pada 2011, Spin telah hadir dalam varian Spin 125, Spin 125R, Spin 125RR, dan Spin 125 Night Rider.

Seluruh variannya membawa mesin dengan spesifikasi yang kurang lebih identik, yaitu berkapasitas 124 cc, 4-tak, silinder tunggal, SOHC, yang bisa menghasilkan tenaga 9,5 hp di 7.500 rpm.

Sayangnya, kehadiran Spin kurang diminati. Suzuki pun menggantinya dengan skutik Nex. Kini, Suzuki Spin bisa ditemukan dalam versi bekas dengan harga mulai Rp2 jutaan.

Baca Juga: Suzuki Berikan Livery MotoGP pada GSX-R150

2. Suzuki Skywave

5 Skuter Matik Suzuki Ini Harga Bekasnya Cuma Rp5 Jutaan  suzuki-fatmawati.blogspot.com

Satu tahun setelah Spin meluncur, Suzuki juga meluncurkan skutik Skywave. Jika
suspensi Spin dinilai kurang nyaman, suspensi Skywave justru banyak menuai pujian.

Suzuki merancang Skywave dengan desain sporty dan lekukan-lekukan yang lugas. Skywave juga dibekali dengan mesin berkapasitas 124 cc, 4-tak, SOHC, silinder tunggal.

Skywave mengikuti Spin yang harus pensiun di tahun 2011 karena juga kurang diminati. Skywave masih bisa dijumpai di listing situs jual beli daring dengan harga jual mulai Rp4 jutaan.

Tapi, jika kondisinya benar-benar prima, ada juga yang menjual Skywave di atas Rp5 juta.

3. Suzuki Skydrive

5 Skuter Matik Suzuki Ini Harga Bekasnya Cuma Rp5 Jutaan  mymotorcycleclub.com

Suzuki Skydrive punya bodi yang lebih gemuk dibanding Spin dan Skywave. Berkat kebongsorannya, Skywave jadi punya pijakan kaki yang luas. Sayangnya, Suzuki kehilangan poin karena tak mengimbangi bodi besar Skydrive dengan bagasi yang lebih lapang.

Suzuki sudah melengkapi Skydrive dengan mesin 125 cc yang menjadi terbesar di kelasnya saat itu. Namun, mesin dan tenaga Skydrive ternyata masih kurang cukup untuk mendongkrak minat pemotor tanah air akan skutik ini.

Suzuki pun menghentikan produksi Skydrive di tahun 2014. Nama Skydrive kembali terdengar ketika beberapa waktu lalu Suzuki Filipina mengeluarkan Skydrive versi Crossover.

Untuk di Indonesia saat ini, Skydrive masih bisa dimiliki dalam versi bekas dengan harga mulai Rp3 jutaan.

4. Suzuki Hayate

5 Skuter Matik Suzuki Ini Harga Bekasnya Cuma Rp5 Jutaan  motorbeam.com

Suzuki merilis Hayate pada 2011 dengan bodinya yang tampak aerodinamis. Sama seperti saudara-saudaranya, mesin Hayate juga berkapasitas 125 cc. Hayate juga membawa teknologi Suzuki Composit Electrochemical Material (SCEM) yang membantu Hayate mencapai tenaga maksimum lebih cepat.

Suspensinya menggunakan gabungan teleskopik dan lengan ayun double shock. Dengan suspensi tersebut, pengendara dan penumpang jelas merasa nyaman selama berkendara dengan Hayate.

Walau membawa teknologi inovatif pada masanya, Hayate tak mampu mengalahkan rivalnya, yaitu Vario. Produksinya terhenti pada 2014. Jika tertarik dengan motor Suzuki yang satu ini, harga bekasnya mulai dari Rp4 jutaan.

5. Suzuki Let's

5 Skuter Matik Suzuki Ini Harga Bekasnya Cuma Rp5 Jutaan  fjb.kaskus.co.id

Skutik Let's dengan desain retronya dimaksudkan sebagai pesaing Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Beberapa bagian dari desain Let's terinspirasi dari motor sport Suzuki, Hayabusa.

Let's mengandalkan mesin 4-tak, SOHC, berkapasitas 113 cc dengan sistem bahan bakar injeksi. Tarikan responsif dan efisiensi bahan bakar menjadi sejumlah keunggulan Let's lainnya.

Sayangnya karena salah saing, Let's diistirahatkan pada 2014 terlepas usianya yang seumur jagung. Let's masih bisa ditemukan di situs jual beli daring dengan harga mulai Rp5 juta.

Itulah beberapa motor matic Suzuki yang harga bekasnnya cuma Rp5 Jutaan. Tertarik?

Baca Juga: 6 Motor Matic Terbaik untuk Keluarga di Bawah Rp20 Juta

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya