Comscore Tracker

6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!

Supaya awet harus dirawat dengan rutin 

Jakarta, IDN Times - Seperti sepeda jenis lain, sepeda listrik pun membutuhkan perawatan. Apalagi sepeda ini memiliki komponen yang gak ada pada sepeda biasa, yakni baterai dan motor listrik.

Karena itu perawatan sepeda listrik seharusnya lebih ekstra dan lebih rutin dari sepeda biasa. Selain itu cara merawatnya pun sedikit berbeda dari sepeda nonelektrik. Nah, berikut beberapa tips merawat sepeda listrik yang bisa kamu coba di rumah.

1. Pastikan rantai sepeda tidak longgar

6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!ridelbikes.com

Rantai adalah komponen yang tidak boleh abai diperhatikan. Pasalnya, rantai menghubungkan mesin motor dengan roda belakang, khususnya pada sepeda listrik yang menggunakan mesin motor mid-drive.

Goweser bisa memilih pelumas kering atau basah. Pelumas basah umumnya bertahan lebih lama, bahkan saat bersepeda dalam kondisi buruk. Sementara pelumas kering tidak memiliki ketahanan seperti pelumas basah, tetapi cenderung meninggalkan hasil lebih bersih.

Selain itu, pengecekan rantai juga dilakukan untuk melihat apakah rantai melar atau tidak. Karena rantai sepeda listrik dilewati tegangan dua kali lebih besar dibanding sepeda non-elektrik. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan menggunakan checker rantai sepeda.

2. Jaga tekanan ban tetap optimal

6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!singletrackworld.com

Tekanan ban bisa berdampak pada konsumsi baterai. Semakin lunak baterai sepeda, semakin berat juga gerak sepeda. 

Sepeda juga jadi lebih sulit dikendalikan, khususnya ketika dibawa ke medan yang sulit. Ban yang terisi cukup udara juga berperforma lebih baik saat melakukan pengereman. 

3. Pastikan mur dan baut terpasang dengan pas

6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!cyclingweekly.com

Saat melakukan pengecekan tahap ini, perhatikan baut-baut pada chainring dan crankset. Selain itu, perhatikan juga mur dan baut di bagian headset. 

Dikhawatirkan bobot tambahan sepeda listrik dan guncangan selama bersepeda bisa melonggarkan mur dan baut di bagian tersebut.

4. Pastikan tidak ada partikel kotoran di penghubung baterai dengan motor

6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!electricbikeblog.com

Kalau kamu sering mengeluarkan baterai sepeda untuk mengisinya, periksa kabel yang menghubungkan mesin motor ke baterai. Pastikan tidak ada partikel kotoran, seperti pasir, yang masuk ke titik kontak tersebut.

Salah satu kebiasaan yang bisa membantu memperpanjang usia baterai adalah segera mengisi kembali baterai sepeda setelah menggunakannya. 

5. Jaga pengaturan suspensi

6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!bikeradar.com

Sepeda listrik modern biasanya dilengkapi dengan suspensi udara (air suspension) yang sudah diatur sejak pertama membelinya. 

Dalam perawatan, yang perlu dilakukan adalah menjaga pengaturan suspensi tersebut. Suspensi sepeda tidak boleh dibiarkan terlalu lunak atau terlalu keras. 

6. Cek apakah bantalan rem aus atau tidak

6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!bestbikeguide.co.uk

Cara mengecek kondisi bantalan rem bisa dilakukan dengan melihat bagian cakramnya.Pada bagian cakram akan terlihat tiga keping logam, yaitu cakram di tengah, penahan bantalan rem di luar, dan di antara keduanya adalah bantalan rem itu sendiri. 

Jika ketiga keping logam tersebut saling berdekatan, ada kemungkinan bantalan rem sudah aus. Namun, jika ketiga keping logam terlihat terpisah cukup lebar, maka bantalan rem seharusnya dalam kondisi baik. 

Kalau kamu menemukan bantalan rem sepeda listrikmu sudah aus, maka bantalan tersebut butuh diganti. 

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Sepeda Listrik, Kenali Dulu 7 Jenis Baterai Ini!  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya