Comscore Tracker

Bukan Cuma Rawan Dicuri, Ini 5 Risiko Menyimpan Sepeda di Luar Ruangan

Kalau bisa sih disimpan di dalam ruangan, ya!

Jakarta, IDN Times - Banyak alasan kenapa seseorang memarkir sepedanya di luar ruangan. Salah satu alasannya karena rumah terlalu sesak dengan perabotan sehingga gak muat lagi untuk sekadar menyimpan sepeda.

Padahal menyimpan sepeda di luar rumah berpotensi menarik perhatian pencuri. Selain itu masih ada risiko lain yang bisa menimpa sepedamu jika disimpan atau diparkir di luar ruangan. Nah, berikut beberapa risikonya.

1. Rangka sepeda baja lebih mudah berkarat

Bukan Cuma Rawan Dicuri, Ini 5 Risiko Menyimpan Sepeda di Luar Ruangancommons.wikimedia.org

Hujan dan suhu lembab tidak baik untuk jenis rangka sepeda apa pun. Namun, sepeda dengan rangka berbahan steel bisa berkarat lebih cepat di cuaca ini. 

Walaupun karat pada rangka tidak terlihat dari luar, karat mulai timbul di rangka bagian dalam.

Jika karat pada rangka dibiarkan, tidak hanya mengganggu penampilan sepeda, tetapi juga bisa menyebabkan keretakan dan akhirnya mengurangi keamanan sepeda. Bahkan bisa patah saat digowes, loh!

2. Rantai yang berkarat mempersulit pemindahan gigi

Bukan Cuma Rawan Dicuri, Ini 5 Risiko Menyimpan Sepeda di Luar Ruanganflickr.com/Laura (':

Rantai sepeda, terlebih yang ditinggalkan di area basah, juga akan mulai berkarat. Proses rantai menjadi berkarat ini tergantung pada kualitas rantai yang dimiliki. 

Rantai stainless steel mengalami proses karat lebih lambat saat terpapar hujan atau cuaca lembab. Sementara pada rantai sepeda yang kualitasnya kurang baik, pasti akan cepat dimakan karat.

Perlu diketahui bahwa rantai yang berkarat mempersulit proses perpindahan gigi dan dapat merusak bagian penggerak lainnya. Bahkan bisa putus di tengah jalan.

3. Baut yang berkarat jadi sulit dilepas

Bukan Cuma Rawan Dicuri, Ini 5 Risiko Menyimpan Sepeda di Luar Ruangancommons.wikimedia.org

Logam pada baut sepeda bisa jadi berbeda dengan logam pada komponen sepeda lainnya. Misalnya pada stem dan baut-baut stem. 

Jika baut dan logam yang berbeda ini mulai berkarat, goweser bisa kesulitan untuk melepas baut-baut tersebut. 

4. Kabel baja yang berkarat menurunkan kualitas pengereman

Bukan Cuma Rawan Dicuri, Ini 5 Risiko Menyimpan Sepeda di Luar Ruanganrenehersecycles.com

Jika ada kabel-kabel baja yang dipasang di luar rangka sepedamu, seperti kabel pengereman, kabel-kabel tersebut bisa teroksidasi ketika banyak terkena air hujan.  Oksidasi bisa menghambat proses dan kualitas pemindahan gigi dan juga pengereman.

5. Warna pada komponen plastik dan karet memudar

Bukan Cuma Rawan Dicuri, Ini 5 Risiko Menyimpan Sepeda di Luar Ruanganflickr.com/Paris-Roubaix

Komponen sepeda yang terbuat dari karet dan plastik, seperti handgrip, jok sepeda, hingga ban, juga bisa mengalami penurunan ketika terlalu banyak terpapar cuaca panas atau lembab. 

Warna pada karet dan plastik bisa memudar ketika terpapar panas. Komponen yang terbuat dari platik juga menjadi lebih rapuh. Selain itu part-part yang terbuat dari plastik juga akan menjadi getas jika terlalu lama terpapar panas.

Baca Juga: 6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya