Comscore Tracker

Dijual Lebih Murah, 4 Sepeda Lipat Ini Bisa Jadi Alternatif Brompton

Kira-kira sepeda-sepeda lipat ini mirip Brompton gak, ya?

Jakarta, IDN Times - Kalau sepeda lipat yang paling ringkes lipatannya, Brompton adalah salah satunya. Sepeda asal Inggris ini bisa dilipat tiga sehingga dimensinya menjadi sangat kecil sehingga mudah ditenteng-tenteng.

Gak mengherankan jika desain sepeda-sepeda Brompton kemudian banyak ditiru pabrikan sepeda lain. Bahkan, karena saking miripnya, ada lho pabrikan sepeda yang dituntut hingga ke meja hijau.

Pabrikan tersebut adalah Get2Get. Pembuat sepeda asal Korea Selatan ini dituntut karena salah satu produk mereka, yakni Chedec, dianggap mirip banget sama sepeda Brompton. Pengadilan pun kemudian memenangkan Brompton.     

Selain Chedec sebenarnya ada beberapa sepeda lipat lain yang desainnya mirip-mirip Brompton. Banyak penggemar yang menyukai sepeda-sepeda mirip Brompton ini karena harganya yang lebih murah dari Brompton.

Nah, berikut sepeda-sepeda yang secara sekilas desainnya mirip Brompton.

1. Get2Get/Chedech

Dijual Lebih Murah, 4 Sepeda Lipat Ini Bisa Jadi Alternatif Bromptonchedech.com

Sepeda-sepeda lipat Chedech cocok bagi yang membutuhkan sepeda lipat untuk wara-wiri di dalam kota saja. Sebab bobot Chedech lumayan ringan dan lipatannya juga ringkes sehingga mudah ditenteng.

Frame sepeda ini juga kuat lho karena terbuat dari karbon. Selain itu sepeda ini juga dibekali groupset yang mumpuni sehingga bisa diajak ngebut di aspal. Harga jual Chedech berukuran 18 inci di Indonesia mulai dari Rp33 jutaan di e-commerce.

2. United Trifold

Dijual Lebih Murah, 4 Sepeda Lipat Ini Bisa Jadi Alternatif Bromptonunited.com

Sepeda lipat Trifold diproduksi United Bike. Ini perusahaan asal Indonesia, lho. Dari namanya, bisa ditebak jika sepeda ini memiliki model tiga lipatan seperti Brompton. 

Seri-seri Trifold terbuat dari bahan alloy, memberikannya bobot kurang lebih 10 kilogram. Sejauh ini, United Bike sudah merilis 5 model Trifold. Harga termurahnya Rp6 juta untuk model Trifold 1S. Sementara harga tertingginya Rp14 juta untuk model Trifold 11 Reflex.

3. Kreuz

Dijual Lebih Murah, 4 Sepeda Lipat Ini Bisa Jadi Alternatif Bromptonfacebook.com/Kreuz

Namanya cukup unik, padahal sepeda ini asli bikinan Bandung. Sepeda keren ini dibuat oleh Yudi Yudiantara dan Jujun Junaedi. Sepeda lipat Kreuz menjadi incaran karena desainnya yang terinspirasi dari Brompton. 

Sayangnya Kreuz belum diproduksi secara massal. Produksinya baru ditujukan bagi pembeli yang sudah memesan sejak Mei 2020. Untuk framenya, Kreuz dihargai Rp3,5 jutaan. Jika ingin memesan satu set lengkap, harga yang dibanderol mencapai Rp8 jutaan.

4. 3Sixty

Dijual Lebih Murah, 4 Sepeda Lipat Ini Bisa Jadi Alternatif Brompton3sixtyofficial.id

Serupa dengan Chedec, 3Sixty juga berasal dari Korea Selatan dan mengadaptasi model tiga lipatan. Walaupun terlihat serupa, seli 3Sixty memiliki perbedaan yang salah satunya ada pada wheelbase-nya.

Bagian wheelbase 3Sixty diketahui lebih panjang 1 cm dari Brompton. Memberikan hasil lipatan yang lebih lurus dibandingkan Brompton dan juga mudah didorong. 

Model terbaru 3Sixty terbuat dari bahan chromoly, sejenis baja yang ringan dan kuat. Harga sepeda-sepeda 3Sixty di Indonesia berada di kisaran Rp6 juta hingga belasan juta rupiah.

Menurut kalian, apakah seli-seli di atas mirip Brompton? 

https://www.youtube.com/embed/Y3-N2GrtPM0

Baca Juga: Brompton Ternyata Nama Gereja di London, Yuk Intip Sejarahnya di Sini!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya