Comscore Tracker

Gak Melulu Menang Balap, Ini Pencapaian Lain Bersepeda

Salah satunya mempelajari teknik perawatan sepeda

Jakarta, IDN Times - Banyak goweser yang sekadar menggowes. Banyak juga yang punya target khusus, seperti menempuh sekian kilometer dalam sehari.

Menetapkan target saat menggowes memang bisa memotivasi tapi juga menjadi beban. Karena itu jangan asal menetapkan target.

Nah, berikut target atau pencapaian-pencapaian dalam bersepeda yang bisa kamu terapkan.

1. Mempelajari teknik perawatan sepeda

Gak Melulu Menang Balap, Ini Pencapaian Lain Bersepedaflickr.com/Xavier J. Peg

Pencapaian dalam bersepeda tidak harus melulu tentang apa yang dilakukan di atas sepeda. Kita bisa menetapkan pencapaian untuk mempelajari cara merawat sepeda.

Dalam satu bulan sekali, pilih satu hari untuk mempelajari cara melakukan perawatan dan perbaikan sepeda yang sebelumnya belum diketahui. Salah satunya bisa dilakukan dengan menonton video tutorial atau membaca artikel perawatan sepeda.

Aktivitas perawatan sepeda yang bisa dipelajari di antaranya adalah membersihkan drivetrain secara mendalam, membongkar dan memasang kembali sepeda, dan memasang pemindah gigi dan kabel
rem baru.

Baca Juga: Tips Membeli Tas Pannier Sepeda, Wajib Dibawa Saat Touring Sepeda 

2. Mencoba disiplin sepeda baru

Gak Melulu Menang Balap, Ini Pencapaian Lain Bersepedathewinningbike.com

Jika kamu terbiasa dengan road biking, coba  padukan dengan disiplin lain seperti bersepeda gunung, gravel, hingga cyclocross. Mempelajari
disiplin baru bisa menimbulkan rasa ragu di awal, tapi bermanfaat untuk membuat kita menjadi pesepeda yang lebih baik dan lebih terampil.

Ini juga adalah cara yang bagus untuk memecah rasa jenuh dan bosan terhadap aktivitas bersepeda. Di samping itu, mencoba disiplin sepeda lain bisa membuka peluang bertemu dengan lebih banyak orang dari disiplin yang berbeda-beda.

3. Fokus pada pencapaian kecil jangka pendek

Gak Melulu Menang Balap, Ini Pencapaian Lain Bersepedaunsplash.com/Rokas Niparavičius

Pencapaian kecil biasanya lebih mudah dicapai, lebih memotivasi, dan menjaga semangat. Kamu bisa menentukan pencapaian yang bisa dicapai dalam jangka pendek.

Pencapaian jangka pendek yang bisa dikejar misalnya untuk meningkatkan kecepatan rata-rata atau menaklukkan tanjakan tanpa berhenti. Setelah tercapai, kamu bisa menetapkan pencapaian selanjutnya dengan tingkat rintangan lebih tinggi.

Seperti ketika sudah menaklukkan satu tanjakan, kamu bisa mencari tanjakan yang lebih tinggi. Proses coba-coba dalam upaya mencapai tantangan kedua ini sekaligus meningkatkan teknik menanjak.

Baca Juga: [FOTO] Yuk Intip Sepeda-sepeda Selebritas, Gak Semua Pakai Brompton! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya