Comscore Tracker

3 Jenis Pelumas Rantai Sepeda, Jangan Sampai Salah Pilih

Ada yang tahan air ada yang amfibi

Jakarta, IDN Times - Salah satu bagian sepeda yang harus rutin diperhatikan adalah rantai. Sebab rantai ini rentan banget terpapar karat. Selain itu, kalau rantai sepeda kering, akan menimbulkan suara yang gak nyaman. Gowes pun akan terasa lebih berat.   

Karena itu rantai perlu dilumasi. Tapi jangan sembarangan memilih pelumas rantai sepeda, ya. Sebab salah memilih justru bisa merusak rantai. Saat ini setidaknya ada tiga jenis pelumas sepeda, masing-masing punya fungsi masing-masing. 

1. Pelumas kering

3 Jenis Pelumas Rantai Sepeda, Jangan Sampai Salah Pilihus.muc-off.com

Pelumas kering, sesuai namanya, didesain untuk sepeda yang banyak dibawa gowes di kondisi kering seperti saat musim panas. Pelumas jenis ini mampu menahan partikel padat, seperti tanah dan serpihan-serpihan yang bisa merusak rantai.

Pelumas kering juga menjanjikan efisiensi yang lebih besar karena mengecilkan gesekan di rantai dan menarik lebih sedikit kontaminan.

Satu yang perlu diketahui adalah pelumas kering memiliki kekurangan berupa mudah tersapu ketika terkena air. Jadi mungkin kamu harus siap-siap untuk melumasi lagi setelah gowes saat hujan. 

Pelumas kering untuk rantai sepeda bisa kamu temukan di e-commerce mulai Rp85 ribu.

2. Pelumas basah

3 Jenis Pelumas Rantai Sepeda, Jangan Sampai Salah Pilihactive.com

Pelumas basah bisa kamu pilih kalau sepedamu banyak dibawa gowes khususnya di musim hujan. Pasalnya, pelumas basah memang secara khusus didesain untuk tahan di kondisi-kondisi lembab, seperti hujan dan berlumpur.

Teksturnya yang kental bisa melindungi rantai sepeda dari kondisi ekstrem. Namun, dengan pelumas jenis ini kamu harus rajin membersihkan bagian drivetrain secara teratur agar performanya tetap optimal.

Karena pelumas basah yang terkontaminasi kotoran justru bisa menyebabkan keausan pada bagian drivetrain sepeda. Harga pelumas basah untuk rantai sepeda di e-commerce bisa ditemukan mulai Rp90 ribu.

3. Pelumas serbaguna

3 Jenis Pelumas Rantai Sepeda, Jangan Sampai Salah PilihIDN Times/Dwi Agustiar

Berbeda dengan pelumas kering dan pelumas basah, pelumas serbaguna menawarkan perlindungan rantai yang tidak terpengaruh kondisi basah atau kering saat gowes. 

Pelumas serbaguna diketahui lebih mudah dirawat dan menawarkan kinerja yang baik untuk rantai. Jadi kamu tetap bisa gowes tanpa khawatir harus segera membersihkan rantai atau melumaskan rantai kembali setelah tiba di rumah.

Pelumas serbaguna untuk rantai sepeda di e-commerce bisa ditemukan mulai Rp75 ribu.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Baca Juga: 6 Tips Merawat Sepeda Listrik, Jangan Samakan dengan Sepeda Biasa Ya!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya