Comscore Tracker

Jangan Lupakan 3 Hal Ini Saat Mengajari Anak Bersepeda

Bersepeda gak hanya modal keseimbangan saja, lho

Jakarta, IDN Times - Bersepeda memang menyenangan, apalagi bagi anak-anak. Namun mengajari anak bersepeda itu ternyata butuh usaha dan kesabaran ekstra, lho. Sebab belajar bersepeda itu membutuhkan waktu yang gak sedikit.

Selain itu mengajari anak bersepeda juga harus dengan cara yang menyenangkan. Sehingga anak-anak akan semakin mencintai sepeda mereka. Nah, berikut beberapa hal yang harus kamu hindari saat mengajari anak bersepeda.

1. Hanya mengajari keseimbangan

Jangan Lupakan 3 Hal Ini Saat Mengajari Anak BersepedaIDN Times/Dwi Agustiar

Hal pertama yang harus diajari adalah keseimbangan. Tujuannya agar anak tidak terjatuh saat sepeda digowes. Tahap ini memang membutuhkan proses yang panjang. Karena itu jangan memaksakan anak untuk menguasai sepeda terlalu cepat.

Biarkan mereka mendapatkan keseimbangan secara alami. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti membuat garis lurus lalu meminta anak menggowes sepeda mengikuti garis tersebut.

Selain itu, untuk sementara, kamu juga bisa memasang roda kecil di sisi kiri dan kanan ban belakang sepeda agar anak tidak terjatuh saat kehilangan keseimbangan.

Setelah anak menemukan kesimbangan mereka, perlahan kamu bisa mulai mengajarkan teknik mengerem yang benar. Kamu misalnya bisa mengatakan kepada mereka untuk tidak menarik tuas rem secara mendadak. 

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Baca Juga: Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!

2. Lupa mengajari anak isyarat tangan

Jangan Lupakan 3 Hal Ini Saat Mengajari Anak BersepedaIDN Times/Dwi Agustiar

Pelajaran lain yang gak kalah penting adalah memberikan isyarat tangan kepada anak saat bersepeda. Isyarat tangan adalah salah satu cara pesepeda berkomunikasi dengan pengguna jalan lain.

Karena itu pesepeda baru tidak hanya harus tahu isyarat-isyarat tangan tapi juga bagaimana menyampaikannya dengan tepat ke pengguna jalan lain, agar pesannya diterima  secara jelas.

3. Salah ukuran sepeda

Jangan Lupakan 3 Hal Ini Saat Mengajari Anak Bersepedablackmountain.bike

Ada beberapa orang tua yang membelikan sepeda untuk orang dewasa kepada anak mereka. Alasannya agar ketika anaknya sudah dewasa, sepeda itu masih bisa digunakan. Padahal pandangan ini keliru.

Sebab anak-anak harus menggunakan sepeda yang sesuai dengan tinggi badan mereka. Sebab ini akan sangat mempengaruhi posisi saat gowes yang berimbas pada kenyamanan dan bahkan keamanan saat bersepeda. Karena itu pastikan sepeda untuk anak sudah sesuai ukurannya.

Baca Juga: Daftar Sepeda Lipat United di Bawah 3 Juta, Murah Tapi Kece!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya