Comscore Tracker

Tips Memilih Kacamata Hitam, Biar Nyetir Jadi Adem

Gak hanya soal mode, lho

Jakarta, IDN Times - Kacamata hitam memang bukan perlengkapan yang diwajibkan saat naik motor. Tapi sangat dianjurkan mengenakannya, terutama saat riding di tengah hari bolong.

Selain bisa mencegah silau, kacamata hitam juga bisa mendongkrak kekerenanmu, loh. Nah, berikut hal-hal yang penting saat memilih kacamata hitam!

1. Pilih kacamata hitam dengan eyecups

Tips Memilih Kacamata Hitam, Biar Nyetir Jadi Ademlibertysport.com

Berkendara dengan kecepatan tinggi memerlukan kacamata yang bisa mencegah angin menyusup di belakang lensa dan membuat mata menjadi
kering sekaligus memungkinkan aliran udara dalam kadar yang cukup.

Karenanya, pemotor baiknya memilih kacamata dengan eyecups di bagian samping untuk meminimalisir masuknya angin berlebih, tapi tetap mengizinkan sirkulasi udara yang dibutuhkan.

Baca Juga: Motor-motor Suzuki Paling Dinanti Biker Indonesia, Kapan Meluncur Ya?

2. Perhatikan jenis lensa yang dipilih

Tips Memilih Kacamata Hitam, Biar Nyetir Jadi Ademflickr.com/eye healthtip

Pilihan lensa yang tepat akan mengurangi rasa lelah pada mata dan meningkatkan kontras. Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih lensa kacamata adalah kemampuan untuk melindungi mata dari cahaya berbahaya.

Kacamata dengan lensa polarized menawarkan cara efisien untuk menghilangkan cahaya menyilaukan sekaligus memberikan pandangan
yang jelas ke jalan dan sekitarnya.

Namun, penglihatan dengan lensa polarized bisa terdistorsi jika dikenakan dengan  helm full-face.

Lensa photochromic cocok digunakan pada siang hari atau malam hari. Lensa ini bisa mencegah sinar ultraviolet dan ketika tidak ada paparan cahaya, lensa ini kembali ke keadaan jernih.

Namun, lensa photochromic terkadang tidak memberikan warna gelap yang diinginkan sebagian orang.

Karenanya, untuk pemotor yang sensitif terhadap cahaya terang atau lebih menyukai kacamata hitam yang lebih gelap, tingkat kegelapan yang ditawarkan lensa photochromic mungkin akan dirasa kurang cukup.

3. Tidak asal memilih warna lensa

Tips Memilih Kacamata Hitam, Biar Nyetir Jadi Ademflickr.com/Tog uae

Warna lensa juga menjadi hal penting ketika memilih kacamata untuk naik motor karena berhubungan dengan kejernihan dan kontras.

Bagi kebanyakan orang, warna-warna tembaga memberikan kontras terbaik dan warna tembaga ini bisa mempertajam warna seperti merah dan hijau.

Warna abu-abu dinilai paling baik untuk mempertahankan warna asli. Dalam kondisi cahaya redup seperti saat senja, fajar, atau turun hujan, warna lensa kekuningan dapat mengurangi silau dan meningkatkan
kontras.

Jika berkendara di malam hari, lensa bening adalah pilihan yang baik. Lensa berwarna bisa mengurangi pencahayaan dari lampu motor dan mempersulit perjalanan.

Baca Juga: Dear Pencinta Motor, Ini 5 Tips Modifikasi Motor Anti Tilang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya