Comscore Tracker

Tips Memilih Sepatu Sepeda, Jangan Sampai Salah Beli Ya!

Harganya mulai Rp900 ribuan

Jakarta, IDN Times - Meski gak ada kewajiban menggunakan sepatu khusus saat bersepeda, namun tidak ada salahnya mencobanya. Sebab, dengan memakai sepatu sepeda, kayuhanmu akan semakin efisien dan lebih nyaman juga.  

Tapi jangan sampai salah membeli sepatu sepeda, ya. Sebab ada banyak jenisnya. Nah, berikut sedikit panduan memilih sepatu sepeda yang bisa kamu jadikan acuan. Semoga bermanfaat, ya!

1. Sepatu sepeda gunung

Tips Memilih Sepatu Sepeda, Jangan Sampai Salah Beli Ya!commons.wikimedia.org

Sepatu sepeda gunung biasanya memiliki sol yang kuat untuk menambah daya cengkeram di jalan tak rata. Sepatu ini bisa ditemukan terbagi dalam dua kategori, yaitu untuk dipasangkan dengan pedal clipless atau untuk pedal flat.

Sepatu untuk pedal flat biasa digunakan untuk enduro, all-mountain, freeride, dan bersepeda downhill. Sementara sepatu untuk pedal clipless biasanya memiliki cleat yang terpasang sejajar dengan sol, sehingga lebih nyaman jika harus dipakai berjalan. Dengan adanya cleat ini, pastikan pedal dan cleat pada sepatu kompatibel.

Jenis sepatu sepeda gunung ini bisa digunakan untuk cross country dan bersepeda
jarak jauh. Sepatu gunung untuk pedal flat bisa ditemukan dengan harga mulai Rp1,090 juta di situs BMTB Online. Jika ingin mencari sepatu gunung untuk pedal clipless harganya mulai Rp990 ribu di situs BMTB Online.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis-jenis Sepatu Sepeda, Salah Pilih Bisa Gak Nyaman Loh!

2. Sepatu sepeda urban dan touring

Tips Memilih Sepatu Sepeda, Jangan Sampai Salah Beli Ya!rodalink.com

Sepatu untuk bersepeda urban dan touring dirancang dengan memadukan fleksibilitas sepatu sehari-hari dengan sol kaku hampir mirip sepatu road bike. Ide di baliknya adalah untuk mencapai keseimbangan antara efisiensi mengayuh tapi tetap nyaman ketika dipakai berjalan.

Sepatu ini juga umumnya cocok digunakan untuk bersepeda di jalur trail ringan dan
turing di jalan beraspal. Jenis sepatu ini punya kesamaan dengan sepatu gunung, yaitu
untuk pedal clipless, kaitannya dipasang sejajar dengan sol.

Sepatu jenis ini bisa ditemukan dengan harga mulai Rp1,1 juta di situs Rodalink.

3. Sepatu road bike

Tips Memilih Sepatu Sepeda, Jangan Sampai Salah Beli Ya!flickr.com/Chia-Feng TsaiFollow

Pesepeda yang menginginkan efisiensi kayuhan maksimum bisa memilih sepatu untuk road biking. Sepatu ini memiliki sol yang lebih kaku dari sepeda gunung, tapak lebih sedikit, dan cleat untuk pedal clipless dipasang menonjol.

Desainnya memang khusus untuk meningkatkan efisiensi road biking. Namun, ini membuatnya tak ideal dipakai berjalan.

Untuk memilih sepatu road bike, hal terpenting adalah memastikan sepatu tersebut benar-benar pas di kaki. Pilih sepatu yang menyisakan sedikit ruang untuk jari-jari kaki, menopang lengkungan kaki, dan mencegah tumit mengalami selip.

Sepatu road bike juga biasanya memiliki tiga cleat untuk dikaitkan ke pedal clipless. Karenanya, pastikan juga sepatu yang dipilih cocok dengan pedal clipless
sepeda. Sepatu road bike bisa ditemukan dengan harga mulai Rp1,1 juta di situs SpinWarriors.

Baca Juga: Unik Banget, Desain Sepeda-sepeda Ini Bikin Geleng Kepala   

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya