Comscore Tracker

Tips Memilih Sepeda Downhill, Jangan Kaget Melihat Harganya Ya!

Penting perhatikan suspensi

Jakarta, IDN Times - Bersepeda downhill itu berisiko tinggi. Sebab treknya cukup ekstrem. Sedikit kesalahan bisa berkibat fatal. Karena itu sangat penting memilih sepeda yang tepat sebelum ber-downhill ria. 

"Sepedanya harus benar-benar sepeda downhill. Karena kan ada macam-macam sepeda mountain bike ya, itu kan travel shocknya berbeda-beda," kata atlet sepeda downhill, Ditra Pranata, kepada IDN Times, Rabu (18/11).

Ditra mengatakan sepeda downhill yang digunakan bisa berpengaruh pada performa, kenyamanan, hingga keamanan. Berikut adalah sejumlah hal yang penting diperhatikan ketika memilih sepeda downhill.

1. Jenis sepeda all-mountain sebagai opsi paling aman

Tips Memilih Sepeda Downhill, Jangan Kaget Melihat Harganya Ya!Dok. Ditra Pranata

Ditra mengatakan jenis sepeda all-mountain adalah pilihan paling 'aman'. Jenis sepeda ini dirancang untuk menangani hampir semua rintangan yang ditemui pesepeda gunung, termasuk turunan kasar.

"Jadi kalau yang lebih aman kita langsung pakai sepeda yang all-mountain. Kan rear shock sama fork-nya lebih panjang travel-nya. Jadi lebih aman," katanya.

Baca Juga: 3 Kebiasaan Keliru Saat Bersepeda Downhill, Bisa Berakibat Fatal!

2. Suspensi sepeda downhill baiknya 200mm dengan double crown

Tips Memilih Sepeda Downhill, Jangan Kaget Melihat Harganya Ya!Dok. Ditra Pranata

Performa suspensi menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan dan keamanan ketika bersepeda downhill. Ditra menyebutkan sepeda untuk downhill idealnya memiliki suspensi dengan travel tinggi. Semakin tinggi travel pada suspensi depan sepeda, maka sepeda bisa lebih stabil.

"Kalau yang downhill kan 200 mm, terus double crown kalau downhill shock depannya itu," ucap Ditra.

Double crown menambah kekakuan pada fork sepeda yang membuatnya lebih lurus saat melewati medan kasar. Fork dengan double crown juga memungkinkan pengendalian yang lebih presisi.

3. Siapkan budget

Tips Memilih Sepeda Downhill, Jangan Kaget Melihat Harganya Ya!Dok. Ditra Pranata

Pesepeda harus siap merogoh kocek cukup dalam untuk satu unit sepeda downhill. Biasanya sepeda gunung keluaran baru dengan kriteria yang disebutkan Ditra dibanderol dengan harga lebih dari Rp50 juta.

"Dari travel shock-nya kan lebih tinggi kan ya. Terus geometrinya kan juga beda. Di linkage yang bagian shock belakang itu mereka juga benar-benar diperhitungkan supaya sepedanya ini handling-nya lebih enak," ujarnya.

Salah satu sepeda downhill yang bisa dilirik misalnya Polygon Xquarone DH8 seharga Rp58,5 juta.

4. Jangan lupa menyetting sepeda sesuai kebutuhan

Tips Memilih Sepeda Downhill, Jangan Kaget Melihat Harganya Ya!Dok. Ditra Pranata

Setelah mendapat sepeda yang dirasa cocok, Ditra mengingatkan agar jangan lupa mengatur sepeda sesuai dengan kebutuhan rider. Ini dilakukan agar pesepeda mendapatkan posisi bersepeda yang sesuai. 

"Posisi ridingnya harus benar dulu. Kadang kan orang sembarangan langsung dinaikkin aja sepedanya. Gak di-setting dulu. Handlebar-nya harus panjang berapa, gimana posisi saddle-nya, posisi rem yang benar," kata Ditra.

Ia melanjutkan, setiap pesepeda umumnya akan mendapat pengaturan sepeda yang berbeda-beda.

"Riding style-nya per orang beda-beda. Kan di MTB ada setting-an suspensi ya, shock-nya ya ada setelan rebound juga. Rebound buat ngatur. kecepatannya, jadi nanti ada yang slow rebound, ada yang fast rebound. Itu tergantung rider sama medannya juga," katanya.

Baca Juga: Jangan Asal Meluncur, Ini Tips Aman Bersepeda Downhill

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya