Comscore Tracker

Tips Merawat Sepeda Downhill, Biar Aman Saat Meluncur 

Biar performanya stabil juga

Jakarta, IDN Times - Kalau jenis sepeda yang paling 'tersiksa' barang kali sepeda tersebut adalah sepeda downhill. Sebab sepeda satu ini harus melahap trek yang lumayan ekstrem, yakni turunan terjal yang panjang. Bahkan kerap mereka diajak turun hingga ke kaki bukit.  

Karena itu sangat penting untuk memastikan sepeda dalam kondisi terbaik sebelum digunakan. Sebab mengabaikan perawatan selain bisa membuat performa sepeda menurun juga bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

"Soalnya kita kan hitungannya ekstrem. Jadi sepeda harus benar-benar dicek terus," kata atlet sepeda downhill, Ditra Pranata, kepada IDN Times, Rabu (18/11).

Selain itu perawatan juga penting karena harga sepeda downhill itu mahal. Sayang banget kan kalau sepedanya cepat rusak? Nah, berikut sejumlah tips dari Ditra agar sepeda downhill tetap mantap!

1. Rajin mencuci sepeda setelah dipakai

Tips Merawat Sepeda Downhill, Biar Aman Saat Meluncur scott-sports.com

Bagi Ditra, mencuci sepeda usai digunakan tak hanya untuk menjaga kebersihan sepeda, tapi juga untuk mengecek komponen-komponen sepeda. 

"Kalo saya sendiri sih setiap abis saya pakai, sepedanya saya cuci. Secara tidak langsung kalau kita cuci itu sambil mengecek sepeda kita. Link-link-nya banyak kan nih, takutnya nanti abis pakai ada yang kendur," kata Ditra.

Baca Juga: Jangan Asal Meluncur, Ini Tips Aman Bersepeda Downhill

2. Melumasi rantai dan suspensi

Tips Merawat Sepeda Downhill, Biar Aman Saat Meluncur commons.wikimedia.org

Pelumasan menjadi hal penting lainnya agar sepeda downhill tak terhambat kendala ketika digunakan. Ditra mengatakan pelumasan sepeda downhill meliputi rantai dan suspensi.

Pemilihan oli rantai disesuaikan dengan kondisi bersepeda. Misalnya hendak bersepeda saat musim hujan, pesepeda bisa menggunakan oli basah untuk rantai. Pelumasan rantai  dilakukan rutin agar tak kering.

"Sebisa mungkin rantai itu jangan sampai kering. Kalau sampai kering nanti gigi-gigi girnya pada rusak sama rantainya juga," ucap Ditra.

Sementara pelumasan untuk suspensi bisa dilakukan dengan menggunakan oli stanchion. "Suspensinya harus sering kalau kita mau pakai, dikasih pelumas, dikasih oli juga. Oli stanchion kan ada oli sendiri," katanya.

3. Perawatan berkala di bengkel

Tips Merawat Sepeda Downhill, Biar Aman Saat Meluncur police-bikes.com

Sepeda downhill juga bisa dibawa ke bengkel untuk menerima pengecekan dan perawatan lebih detail. Terlebih jika frekuensi penggunaannya terhitung sering. Ditra mengatakan, membawa sepeda downhill ke bengkel setidaknya sebulan sekali jika penggunaan sering adalah ide bagus.

"Takutnya nanti kalau buat main tahu-tahu rodanya lepas ya kan gak lucu karena ada bautnya yang kurang kenceng atau rantainya putus," ujar Ditra.

So, sudah mengecek sepeda downhillmu? Atau malah belum beli sepedanya?

Baca Juga: 3 Kebiasaan Keliru Saat Bersepeda Downhill, Bisa Berakibat Fatal!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya