Comscore Tracker

Tips Sepeda: 3 Alasan Kamu Harus Mencoba Pedal Clipless

Bikin gowesan lebih efisien

Jakarta, IDN Times - Kebanyakan goweser memilih bersepeda dengan pedal jenis flat.
Namun, kalau kamu mau mulai serius, kamu bisa mencoba peda jenis clipless. Sebab pedal jenis ini akan membuat kayuhanmu lebih efisiensi.

Selain itu pedal clipless juga lebih nyaman di kaki. Biasanya goweser yang mulai serius menekuni sepeda akan berpaling ke pedal clipless. Nah, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba pedal clipless.

1. Meningkatkan efisiensi dan kekuatan kayuhan

Tips Sepeda: 3 Alasan Kamu Harus Mencoba Pedal Cliplessid.pinterest.com

Pedal clipless memungkinkan pesepeda untuk memaksimalkan tarikan kaki ketika
mengayuh ke atas. Ini tak hanya meningkatkan efisiensi, tapi juga kekuatan di setiap
kayuhan.

Ketika pesepeda bisa mengayuh dengan efisien, pesepeda bisa melaju lebih cepat untuk waktu lebih lama sebelum merasa kelelahan.

Pedal clipless juga mengharuskan pesepeda untuk menggunakan sepatu sepeda bersol kaku, yang pada gilirannya memengaruhi tenaga pesepeda dengan mengurangi fleksi kaki secara drastis.

Baca Juga: Unik Banget, Desain Sepeda-sepeda Ini Bikin Geleng Kepala   

2. Lebih mantap melahap tanjakan

Tips Sepeda: 3 Alasan Kamu Harus Mencoba Pedal Cliplessunsplash.com/Chris Kendall

Pedal clipless memberikan keuntungan ketika pesepeda sedang menaiki bukit. Sebab pedal clipless memungkinkan pesepeda untuk menghasilkan kayuhan lebih kuat sehingga kecepatan sepeda tidak akan mendadak melambat di tanjakan.

Pedal clipless juga memiliki keunggulan ketika dibawa ke tanjakan off-road di mana sepeda mungkin terhenti akibat lubang atau batu besar. Kayuhan ke atas yang kokoh dengan pedal clipless memungkinkan pesepeda untuk memberikan tenaga ke roda belakang untuk melewati rintangan dan menjaga momentum.

3. Cegah kaki selip dari permukaan pedal

Tips Sepeda: 3 Alasan Kamu Harus Mencoba Pedal Cliplessunsplash.com/Eerik Sandstrom

Pedal clipless juga bisa meningkatkan keamanan ketika bersepeda. Kaki pesepeda bisa terpeleset dari pedal flat ketika permukaannya basah dan licin. Ini berbahaya jika terjadi ketika pesepeda sedang tak duduk di sadel.

Dengan pedal clipless, kemungkinan tersebut terminimalisir karena kaki pesepeda menjadi satu dengan pedal. Rasa aman dari posisi kaki yang terhubung dengan pedal ini juga tentu akan meningkatkan rasa percaya diri.

Misalnya, pesepeda gunung tak lagi khawatir kakinya akan selip ketika melakukan bunnyhop.

Gimana, tertarik mencoba pedal clipless?

Baca Juga: Tips Gowes dengan Pedal Clipless, Kayuhan Lebih Efisien Lho!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya