Comscore Tracker

Upgrade Sepeda Lipat Buat Touring, Ini Part yang Perlu Diganti 

Biar perjalanan touring jadi menyenangkan

Jakarta, IDN Times - Sepeda lipat biasanya didesain untuk perjalanan jarak dekat. Maklum diameter rodanya hanya 16 atau 20 inci. Imut banget. Tapi bukan berarti sepeda lipat gak bisa digowes jarak jauh alias touring, loh. 

"Kalau sepeda lipat buat on the road, buat commuting, dikombinasi dengan angkutan massal, tapi kita pakai buat turing dengan catatan tetap on the road, itu bisa saja," kata Ketua Epicyclist Depok (EPIC Depok), Achmad Sofian, kepada IDN Times beberapa waktu lalu.

Nah, kalau kamu berniat mengajak sepeda lipatmu menempuh perjalan jauh, simak dulu tips dari Achmad Sofian berikut ini!

1. Upgrade handle post, sadel, dan handgrip biar lebih nyaman

Upgrade Sepeda Lipat Buat Touring, Ini Part yang Perlu Diganti flickr.com/Bigfish Folding Bike

Untuk menempuh perjalanan jauh, tentu saja kenyamanan harus diutamakan. Achmad mengatakan kenyamanan saat menggowes bisa didapatkan dengan menjaga postur tubuh tetap tegak selama bersepeda. Untuk itu kamu bisa meng-upgrade tiang stang atau handlepost sepeda lipatmu.

“Kalau buat kenyamanan itu tiangnya harus lebih tinggi. Supaya pas riding itu gak membungkuk. Kalau jarak jauh kan harus tegak. Biasanya tuh handle yang rigid diganti dengan yang adjustable, bisa naik turun,” ucap Achmad.

Selain itu, kenyamanan bisa juga ditingkatkan dengan meng-upgrade sadel atau handgrip yang lebih empuk dan tebal.

Baca Juga: Pilihan Sepeda Lipat Terbaik di Harga Rp5 Jutaan

2. Upgrade gear set dan ring agar lebih ringan saat menggowes di tanjakan

Upgrade Sepeda Lipat Buat Touring, Ini Part yang Perlu Diganti flickr.com/NYCeWheels Bike Shop

Namanya perjalanan jauh, medan yang ditempuh juga pasti bervariasi. Sehingga akan sangat melelahkan jika bertemu tanjakan yang panjang. Karena itu disarankan untuk meng-upgrade gear set jika ingin melakukan touring. Achmad menyarankan untuk mengganti group set dengan yang jumlah gear set-nya lebih banyak. 

Selain itu, ukuran ring atau pelek sepeda lipat juga berdampak pada nyaman tidaknya untuk dibawa bersepeda jarak jauh. Semakin kecil ukuran ban, semakin gak nyaman dipakai touring. 

“Kalau ukuran bannya kecil kayak 12 atau 14 (inci) itu sisi kenyamanannya berbeda dengan sepeda lipat yang ringnya 20 (inci). Jadi kalau turing itu usahakan gunakan ban yang ukurannya di atas 20,” terangnya.

3. Pasang rak untuk menyimpan perbekalan selama perjalanan

Upgrade Sepeda Lipat Buat Touring, Ini Part yang Perlu Diganti flickr.com/Willem

Perjalanan jarak jauh membutuhkan pesepeda untuk menyiapkan banyak perbekalan. Mulai dari air minum yang mencukupi, bekal makanan, atau kit-kit untuk perbaikan. 

Maka dari itu, Achmad juga mengingatkan agar pesepeda yang ingin menempuh jarak jauh memasangkan rak dan tas di bagian depan dan/atau belakang.

https://www.youtube.com/embed/0qQ4e24LKeg

Baca Juga: Made in Indonesia, 5 Merek Sepeda Ini Jadi Tuan di Negeri Sendiri

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya