Comscore Tracker

Jangan Asal Menarik Tuas Rem Motor, Perhatikan 3 Hal Berikut

Lakukan agar terhindari dari kecelakaan

Jakarta, IDN Times – Fungsi rem pada motor memang untuk menghentikan, tapi jangan asal menarik tuas rem ya. Sebab itu bisa membuat motormu berhenti mendadak. Jika jalanan sedang licin, menarik tuas rem secara mendadak juga bisa membuat motor tergelincir. 

Karena itu sangat penting memahami teknik mengerem, terutama di saat jalanan sedang basah diguyur hujan. Nah, berikut tiga tip sederhana saat menekan tuas rem yang bisa kamu coba.

1. Rem depan atau belakang? Sesuaikan dengan kecepatan motor

Jangan Asal Menarik Tuas Rem Motor, Perhatikan 3 Hal Berikutlegendarylist.com

Menggunakan rem belakang saat motor dalam kecepatan rendah dapat memberikan kenyamanan, baik pengendara maupun penumpang. Namun, saat kecepatan tinggi disarankan menggunakan rem depan, tetapi pengendara harus pastikan posisi motor tegak lurus agar saat ban terkunci motor tidak jatuh.

Sebaliknya, menekan rem belakang saat dalam posisi kecepatan tinggi akan membuat ban jadi selip dan motor jadi tidak seimbang alias ngesot. Akibatnya motor bisa tergelincir. 

Baca Juga: Ini Pentingnya Rem ABS saat Musim Hujan, Bisa Mencegah Ban Mengunci

2. Kombinasi rem depan dan belakang jadi yang paling efektif

Jangan Asal Menarik Tuas Rem Motor, Perhatikan 3 Hal Berikutautoevolusion.com

Untuk pengereman yang efektif, maka lakukan pengereman dengan mengombinasikan rem depan dan rem belakang. Cara ini bisa dilakukan dengan menekan rem depan dan belakang secara bersamaan atau bisa dengan rem depan terlebih dahulu, lalu menekan rem belakang.

Jangan menekan rem terlalu keras, menekan rem sebaiknya dilakukan secara perlahan dan bertahap. Hal ini dilakukan agar rem tidak mengunci ban dengan cepat dan menyebabkan kecelakaan.

3. Perhatikan posisi tangan saat pengereman

Jangan Asal Menarik Tuas Rem Motor, Perhatikan 3 Hal Berikutsuzuki.co.id

Posisi tangan harus ada di ujung tuas rem, agar pengoperasian rem jadi lebih mudah karena ujung tuas paling ujung adalah yang paling ringan dan tidak membuat tangan jadi cepat lelah. Hindari posisi tangan selalu standby di tuas rem, karena rem bisa tertekan sehingga rem menjadi panas dan blong.

Baca Juga: Rem Sepeda Motor Kamu Jadi Tidak Pakem? Coba Cek 5 Bagian Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya